Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Acara Internasional Gamelan Festival di Solo, Waktunya Liburan!

Dikutip dari siaran pers IGF 2018 yang diterima KompasTravel, sekitar 19 kelompok gamelan luar negeri dan 33 kelompok gamelan dalam negeri, serta belasan peneliti/ahli gamelan, akan "pulang kampung" ke Solo untuk tampil di rangkaian acara IGF 2018.

Rangkaian acara ini akan digelar 10 hari di beberapa tempat ikonik Solo, seperti Beteng Vastenburg, Slamet Riyadi, Dalem Joyokusuman, Lokananta, Bentara Budaya Solo, dan lainnya.

Kepala Pemasaran Dinas Pariwisata Solo, Kristina mengatakan selama acara wisatawan dapat berkunjung dan ikut menyaksikan rangkaian acara, terutama berbagai pertunjukannya.

"Bisa, untuk semua masyarakat bisa menikmati, free," tuturnya saat dihubungi KompasTravel, Senin (23/7/2018).

Terdapat 6 Pertunjukan dalam Pergelaran “HomeComing” International Gamelan Festival 2018, mulai dari Opening Ceremony, Konser Gamelan Rakyat, Konser Keberagaman Gamelan, Konser Kelompok Manca Negara, Konser Utama dan Konser Gamelan Kraton.

2. Konferensi

Keagungan gamelan dalam peranannya di lintas zaman akan dibahas dalam beberapa sesi konferensi di IGF 2018 nanti.

Konferensi internasional besarnya bertema “Gamelan Culture: Roots, Expression, and Worldview” akan menjelaskan sejarah persebaran peradabannya, interaksi kulturalnya antarkomunitas, konteks sosial-politik dan kepentingan-kepentingan, lingkungan alam, corak masyarakat dan kultur setempat.

Tema besar konferensi tersebut diurai dalam beberapa tema turunannya, mulai (1) Histori dan Imajinasi Gamelan, (2) Industrialisasi, Globalisasi Ekonomi dan Gamelan, (3) Dialektika Gamelan: Modernitas, Sistem Pendidikan dan Kultur Gamelan, (4) Praksis dan Estetika Gamelan, (5) Gamelan dan Persebaran Agama-Agama Besar.

Gedung Teater Besar ISI Surakarta dan Pusat Studi ASEAN, LPPM-Universitas Sebelas Maret, akan jadi lokasi konferensi mulai pukul 09.00 - 16.00 WIB di setiap harinya.

3. Pameran

Pameran IGF 2018 ingin menyampaikan pesan mengenai sejarah, ekspresi, dan spirit gamelan yang telah menjadi media untuk menanggapi gelombang pengaruh peradaban (agama, politik, industri, modernisme) juga turut membentuk corak kebudayaan Nusantara.

Pameran akan diadakan 10-15 Agustus 2018, bertempat di Galeri Besar dan Galeri Kecil Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta.

Dalam pameran ini Anda bisa melihat koleksi album rekaman (audio, audio visual), foto-foto, buku-buku, instrumen-instrumen gamelan istimewa, instalasi gamelan, notasi, kostum, dan bentuk-bentuk dokumentasi lainnya untuk memperlihatkan mengenai bagaimana praxis gamelan di berbagai tempat dan masa, bahkan juga berbagai disiplin kesenian.

4. Penerbitan

Dalam ajang internasional ini juga akan diterbitkan sejumlah buku tentang biografi dan pemikiran beberapa orang empu, notasi gending-gending langka/ kuno, serta hasil-hasil riset mengenai gamelan.

Wisatawan dapat menghadiri peluncuran buku pada Jumat, 10 Agustus 2018, pukul 09.30 sampai selesai, bertempat di Pendopo Taman Budaya Jawa Tengah, Surakarta.

5. Pemutaran Film

Selain itu juga akan ada pemutaran berbagai film disertai diskusi dengan format mini sinema. Menghadirkan pula pembicara oleh Djaduk Feriyanto (Yogyakarta) dan Toersi A (Jakarta).

Film yang akan ditayangkan di IGF 2018 antara lain Lahirnya Gatotkaca karya Djaduk (1958), Bulan Terusuk Ilalang karya Garin Nugroho (1995), Cemeng 2005 karya Riantiarno (1995), Dongeng dari Dirah karya Sardono W Kusumo (1992).

Program pemutaran film dalam eksibisi ini berlokasi di Cineplex Hartono Mall Solobaru dan Omah Sinten.

6. Sastra - Menulis Tentang Gamelan

Dalam program sastra ini, wisatawan bisa belajar menulis cerpen, puisi, esai atau reportase yang bertema gamelan.

Turut juga mengundang para penulis lain untuk mengirimkan karyanya. Tulisan yang terkumpul akan dikurasi, dibukukan kemudian diobrolkan.

Dikutip dari laman resmi IGF 2018, kegiatan ini untuk memberi ruang kepada penulis dan penikmat sastra untuk mengapresiasi gamelan, sekaligus memberi kepercayaan kepada generasi muda untuk turut merawat gamelan melalui tulisan.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/24/090000527/daftar-acara-internasional-gamelan-festival-di-solo-waktunya-liburan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke