Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tempat Persinggahan Api Obor Asian Games di Mataram

Rombongan pembawa api obor Asian Games 2018 tiba di Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pukul 08.00 WITA, Rabu (25/7/2018).

Desa Sasak Sade

Setelah tiba di Mataram, kirab obor langsung melanjutkan perjalanan ke Desa Sasak Sade dan tiba sekitar pukul 08.50 WITA.

Desa Sasak Sede merupakan desa tradisional Suku Sasak yang terletak di Kampung Sade, Desa Rembitan, Kabupaten Lombok Tengah.

Wisatawan akan diajak menyusuri perkampungan. Bagian teras rumah masyarakat Suku Sasak dimanfaatkan sebagai gerai yang dipenuhi berbagai cendera mata, seperti gelang, kalung, gantungan kunci, hingga kain tenun.

Tenun dan pariwisata menjadi sumber penghasilan utama masyarakat sekitar, selain bertani. Tenun Sasak memiliki ciri khas banyak motif.

Selanjutnya kirab obor Asian Games akan melanjutkan perjalanan ke Kuta Mandalika dan tiba sekitar pukul 09.15 WITA. Kuta Mandalika masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. KEK Mandalika terbentang mulai dari Pantai Kuta, Pantai Seger, hingga Pantai Tanjung Aan.

Kuta Mandalika berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan air laut yang jernih dengan latar belakang pemandangan bukit yang digemari wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Sekitar pukul 10.15 rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Tua Ampenan dan akan memulai lari mengelilingi kota Mataram dari Taman Malomba. Perlari akan berlari mengitari 20 titik di Mataram dan berhenti di Kantor Gubernur NTB. 

https://travel.kompas.com/read/2018/07/25/061200227/mengenal-tempat-persinggahan-api-obor-asian-games-di-mataram

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke