Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Budaya Jawa Diperkenalkan kepada Warga Asing melalui IYJCC

IYJCC merupakan sebuah kegiatan untuk mengenalkan dan melestarikan budaya Jawa kepada masyarakat dunia. Kegiatan ini digelar selama enam hari mulai 30 Juli hingga 4 Agustus 2018 di Desa Senden, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Tahun ini adalah tahun pertama IYJCC. Total peserta tahun ini ada 40 peserta, 25 Indonesia dan 15 lainnya berasal dari Malaysia, Vietnam, Filipina, Myanmar, Bangladesh, India, Pakistan, Afghanistan, dan Tajikistan,” ujar Humas IYJCC Rizkiana saat dihubungi KompasTravel, Jumat (27/7/2018).

Ia melanjutkan para peserta akan melakukan serangkaian kegiatan selama enam hari. Para peserta tidak hanya belajar, tetapi juga bisa melakukan aktivitas selayaknya masyarakat di desa tersebut.

Kesenian Jawa yang dipelajari para peserta IYJCC diantaranya seperti tari Jatilan, kethopak, dan gamelan. Lalu juga membuat kesenian gerabah dari tembaga. Serta ikut dalam rangkaian Ritual Tungguk Tembakau Festival. 

“Pengajar kelas bahasa dan kesenian Jawa adalah dosen Program Studi Jawa Universitas Indonesia,” katanya.

Kemudian, setelah mempelajari bahasa hingga kesenian Jawa, para peserta pun akan akan menampilkan musik dan kesenian ketoprak tersebut dalam malam seni dan budaya.

Terakhir, diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut para generasi muda Indonesia mau melestarikan budaya daerah khususnya Jawa.

Rizkiana juga berharap di tahun mendatang IYJCC dapat berjalan setiap tahun dan bertambahnya peserta dan bisa mempromosikan wisata kearifan lokal dengan konsep edu-tourism sehingga dapat menarik wisatawan asing ke Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2018/07/28/180400027/budaya-jawa-diperkenalkan-kepada-warga-asing-melalui-iyjcc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke