Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukit Kobrey, Spot Menikmati Danau Anggi Giji di Pegunungan Arfak

Hamparan rerumputan di bukit-bukit Pegunungan Arfak yang menguning adalah salah satu yang bisa dinikmati. Tentunya, pemandangan danau-danau yang menjadi sajian utama untuk memanjakan mata dan raga wisatawan.

Akhir pekan lalu, sayasempat mengunjungi Danau Anggi Gida dan Anggi Giji saat mengikuti Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) di Papua Barat. Di sana, KompasTravel berkeliling ke Danau Anggi Gida dan Anggi Giji dan tak menemukan banyak wisatawan meski pada akhir pekan.

Saya menuju ke Bukit Kobrey untuk menikmati pemandangan Danau Anggi Giji. Perjalanan ke Danau Anggi Giji berawal dari ibukota Distrik Anggi jelang tengah hari.

Mobil yang bisa menjelajah di area Pegunungan Arfak hanya mobil dengan penggerak empat roda. Jalan yang dilewati rawan longsor, berlubang, menanjak terjal dan licin bila hujan turun.

Sementara, bila gemar bermedia sosial, mungkin tak banyak bisa berharap. Sinyal komunikasi di Distrik Anggi hanya sebatas telepon.

Dengan begitu, aroma wisata petualangan di Danau Anggi Giji sangat terasa. Rsasanya, saya sejenak pergi dari keramaian dunia maya dan melebur dengan obyek wisata Danau Anggi Giji.

“Halo, abireso (selamat datang),” teriak warga-warga kampung di Distrik Anggi begitu mobil saya melewati mereka. Mereka turut melambaikan tangan ke arah kami.

Perjalanan kami tempuh sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan, kami disuguhkan pemandangan Danau Anggi Giji yang menghampar luas.

Udara yang cukup dingin meski siang hari juga terasa. Selama di Distrik Anggi, jaket memang menjadi perlengkapan wajib apalagi jelang malam.

Beberapa kampung yang terlihat seperti Kampung Bamaha, Kampung Sororei, Kampung Kostera, Kampung Iraweri, dan Anggi. Hamparan bentang alam berupa rawa juga terlihat di sekitar Distrik Anggi.

Gurat-gurat punggung bukit di Pegunungan Arfak tak boleh terlewatkan untuk latar berfoto. Ada berbagai banyak sudut pandang yang “ciamik” untuk berfoto.

Salah seorang anggota Tim Ekspedisi Bumi Cenderawasih Mapala UI, Rahmi Hidayati mengatakan wisata ke Bukit Kobrey untuk menikmati pemandangan Danau Anggi Giji terasa mengasyikkan meskipun jalan yang masih rusak. Padahal, sebelumnya ia tak mengetahui obyek wisata Danau Giji.

“Kalau pemandangan Danau Anggi Giji, angle foto  manapun bagus. Danau Anggi Giji buat dipandang juga bagus. Kalau untuk obyek wisata, Danau Anggi Giji sudah bagus banget deh,” kata Rahmi kepada KompasTravel di Pegunungan Arfak.

Spot Bukit Kobrey berada di ketinggian sekitar 2.050 – 2.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari Kampung Igbay atau kota Distrik Anggi, Bukit Kobrey berjarak sekitar 1,5 kilometer atau bisa ditempuh sekitar 30 menit.

Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida bisa ditempuh dengan jarak tempuh sekitar 100-110 kilometer dari Kota Manokwari atau waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Wisaawan bisa menuju Danau Anggi Giji dan Danau Anggi Gida lewat jalur Manokwari – Prafi – Menyambouw – Mokwam – Ulong – Susi – Igmbai (Danau Anggi Giji) – Anggi Gida.

Mau jalan-jalan gratis ke Jerman bareng 1 (satu) teman kamu? Ikuti kuis kerja sama Kompas.com dengan Scoot lewat kuis JELAJAH BERLIN. Ada 2 (dua) tiket pesawat PP ke Jerman, voucher penginapan, Berlin WelcomeCards, dan masih banyak lagi. Ikuti kuisnya di sini. Selamat mencoba!

https://travel.kompas.com/read/2018/08/24/110700427/bukit-kobrey-spot-menikmati-danau-anggi-giji-di-pegunungan-arfak

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke