Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbagai Kesenian Jawa Tengah Ramaikan Karnaval Budaya Kendal

Karnaval yang berlangsung hingga petang itu, juga menampilkan grup kesenian dari 20 kecamatan dan sekolahan.

Ada ribuan penonton dari Kendal, Semarang, dan sekitarnya yang menyaksikan karnaval dalam rangka HUT RI ke 73 dan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke 413 tersebut.

Karnaval diawali dengan barisan pembawa bendera merah putih dan foto presiden dan wakil presiden. Di belakangnya, kemudian anak-anak SD yang memainkan drum band. Barisan berikutnya adalah Bupati Kendal, Mirna Anissa, yang naik kereta kencana bersama anaknya.

Sesampai di panggug kehormatan, Mirna, yang terlihat memakai pakaian putih panjang terebut, turun dari kereta kencana, melangkah menuju kursi tamu utama.

Setelah, mendapat laporan dari ketua panitia, orang nomor satu tersebut membuka acara karnaval budaya Kendal, bersama Muspida.

Sendratari ini, menceritakan peperangan antara seorang prajurit putri yang melawan pemberontak, hingga akhirnya dimenangkan oleh pasukan putri, yang dipimpin oleh Nyai Dampu.

Pementasan ini, mendapat tepuk tangan meriah dari penonton yang memadati sepanjang jalan raya Boja tersebut.

Selesai pertunjukan sendratari Nyai Dampu, kemudian dilanjutkan kelompok kesenian lain. Diantaranya kesenian tradisional tari Kuntulan dari Sukorejo, tari Rampak dari Pageruyung, Lais dari Kendal dan tari Srandul dari Singorojo.

Tidak ketinggalan, tampil juga kesenian Barongan, jaran kepang, reog dan dramblek.

Menurut Ketua Panitia Karnaval, Dwianto, karnaval budaya digelar setiap tahun sekali. Melalui festival ini, diharapkan bisa menumbuhkan seni budaya asli Indonesia dan Kendal pada khususnya.

“Kabupaten Kendal mempunyai banyak kesenian tradisional. Semoga karnaval budaya ini, bisa menumbuhkan dan memperkenalkan budaya asli kita ke generasi muda,” kata Dwianto.

“Kalau sudah disayang, maka masyarakat akan melestarikan kesenian asli kita,” ujarnya.

Menurut Mirna, karnaval budaya ini bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kendal. Ia menambahkan banyak wisatawan yang ingin sekali menikmati suasana alam yang asri, sambil menyaksikan kesenian tradisional.

“Sebab banyak orang yang sudah jenuh dengan kehidupan kota,” jelasnya. 

https://travel.kompas.com/read/2018/08/27/120000327/berbagai-kesenian-jawa-tengah-ramaikan-karnaval-budaya-kendal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke