Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asal Usul Nama Pos Ketan Legenda di Batu...

"Nama pos ini sebenarnya karena dulu nenek saya jualan ketan di depan Kantor Pos. Jadi orang orang sering menyebut ketan di pos, begitu," kata generasi ketiga penerus Pos Ketan Legenda, Supri (28) di Pucuk Coolinary Festival, Minggu (2/9/2018).

Nenek Supri bernama Siami yang pertama kali berjualan ketan dari 1967. Sejak saat itu keluarga Siami menjalankan usaha berjualan ketan.

"Ketannya ini dari dulu memang dijual saat malam hari. Awalnya langganannya itu supir truk dan supir travel. Ke sini pelanggannya mahasiswa dan wisatawan," jelas Supri.

Alhasil Pos Ketan Legenda saat ini dikenal sebagai camilan malam hari. Memilikk porsi sedang, aneka toping, harga terjangkau, dan cocok untuk disantap bersama minuman hangat. 

Pos Ketan Legenda juga mampu menjaga konsistensi rasa sejak 1967. Menurut Supri. tak ada kiat khusus untuk memasak ketan.

"Paling penting pilih ketan yang berkualitas baik. Kami pilih ketan dari Thailand yang kualitasnya paling baik. Ini lebih mudah diolah dan awet daripada ketan lokal," kata Supri.

Pos Ketan Legenda kini memiliki puluhan varian toping. Namun jika ingin yang orisinal, Supri menyarankan untuk mencoba ketan dengan toping bubuk kacang kedelai, parutan kelapa, dan gula jawa cair.

Resep itu seperti yang dijual oleh Siami 57 tahun silam, hingga ketan kini identik dengan Kota Batu, Jawa Timur.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/04/080500027/asal-usul-nama-pos-ketan-legenda-di-batu-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke