Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tempe Mendoan, Oleh-oleh Khas Purwokerto

JAKARTA, KOMPAS.com – Anda yang berasal dari Jawa Tengah, terutama Purwokerto, pasti akrab dengan tempe mendoan. Selain dimakan langsung, mendoan juga biasa dijadikan oleh-oleh.

Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Banyumas, Suwondo Geni mengatakan mulanya memang tempe mendoan hanya bisa dinikmati di Banyumas. Namun kini wisatawan bisa mencari tempe yang sudah dikemas.

“Dulu mungkin memang orang hanya bisa di Banyumas, tetapi sekarang toko-toko pun menjual tempe mendoan yang sudah dikemas dan bisa digoreng sendiri,” ujar Suwondo kepada KompasTravel, Jumat (14/9/2018).

Suwondo mengatakan cita rasa tempe mendoan khas Purwokerto berbeda dengan daerah lainnya.

“Kalau tempe mendoan di Purwokerto lebih terasa mendoannya. Kalau saya bandingkan dengan daerah lain, seperti tempe goreng biasa saja. Makanya harus coba tempe mendoan asli Purwokerto,” kata dia.

Oleh-oleh tempe mendoan ini bisa ditemukan di sentra oleh-oleh Sawangan. Tempe mendoan telah dikemas dengan bumbu juga sausnya. Khusus oleh-oleh, tempe dikemas menggunakan besek atau anyaman dari bambu.

Harga tempe mendoan beragam, tergantung ukurannya. Untuk ukuran kecil mulai dari Rp 5.000 per empat lembar tempe. Sementara ukuran besar mulai dari Rp 2.000 per lembar tempe.

Tempe mendoan merupakan tempe goreng. Suwondo mengatakan, tempe yang digunakan untuk tempe mendoan adalah tempe khas Banyumas.

Selain bentuknya tipis, tempe tersebut juga dibungkus dengan daun pisang. Lembaran tempe akan dicelupkan ke adonan dan diberi bumbu antara lain garam, bawang, dan ketumbar.

Tempe hanya digoreng setengah matang atau biasa disebut ‘mendo’ oleh orang Banyumas. Dari sanalah muncul nama tempe mendoan.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/16/171900627/tempe-mendoan-oleh-oleh-khas-purwokerto

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke