Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Mencuci Pakaian Sendiri Selama "Traveling"

Cara termudah memang memanfaatkan jasa laundry yang disediakan hotel. Namun, Anda perlu merogoh kocek yang dalam.

Jadi, cara termudah sekaligus hemat adalah mencuci sendiri. Anda bisa mencuci baju di kamar mandi yang tersedia di kamar hotel.

Selain berhemat, Anda juga tidak perlu membawa baju dalam jumlah yang banyak. Strategi mencuci sendiri saat traveling sangat cocok jika Anda bepergian lebih dari tiga hari. 

Deterjen

Pastikan Anda membawa deterjen dalam kemasan kecil saat traveling. Di Indonesia, deterjen dalam bentuk sachet mudah dibeli di warung-warung. Anda bisa membawa sendirinya dari rumah dengan mengemas deterjen bubuk dalam plastik-plastik kecil.

Beberapa orang lebih memilih deterjen bubuk untuk mencuci selama traveling. Sebab, khawatir jika deterjen cair mudah tumpah dan mengotori tas atau koper. Saya pribadi lebih menyukai deterjen cair karena lebih mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan sisa-sisa deterjen seperti halnya deterjen bubuk.

Jika Anda memilih membawa deterjen cair, pastikan Anda menaruhnya di botol plastik kecil  dengan tutupan rapat. Lalu taruh botol ini di dalam plastik ziploc ukuran besar. Plastik ziploc tidak hanya berfungsi agar cairan deterjen tetap terjaga, tetapi juga berguna saat mencuci.

Deterjen cair cocok dibawa untuk traveling domestik. Jika bepergian ke luar negeri, lebih baik membawa dalam bentuk bubuk karena ada aturan ketat membawa cairan dalam pesawat ke luar negeri.

Hanger baju

Anda juga bisa membawa beberapa hanger baju untuk menjemur. Bawa hanger dalam ukuran kecil. Atau, Anda bisa membawa hanger lipat portabel yang kini sudah banyak dijual di toko-toko online.

Ukurannya kecil saat hanger dilipat. Saat bepergian dalam waktu yang lama, saya biasa membawa hanger kecil (biasa dipakai untuk pakaian anak-anak) dan beberapa penjepit baju.

Cuci malam hari

Cucilah baju malam hari saat Anda sudah tiba di hotel. Lalu jangan biarkan baju basah dibiarkan begitu saja. Langsung gantung agar cepat kering.

Biasanya kaus lengan pendek dan pakaian dalam seperti celana dalam akan kering dalam dua hari. Jadi Anda perlu mengatur strategi saat mencuci.

Sabun hotel

Sabun hotel bisa digunakan untuk mencuci, terutama untuk pakaian dalam. Bahannya lembut sehingga tidak merusak kain, tetapi tetap efektif untuk membersihkan.

Mencuci dalam plastik ziploc

Plastik ziploc memiliki perekat yang bisa dibuka dan ditutup. Anda tinggal memasukan baju seperti kaus atau pakaian dalam ke dalam plastik. Jadi pastikan membawa plastik ziploc ukuran besar yang bisa memuat minimal satu kaus lengan pendek Anda.

Setelah kaus dimasukan dalam plastik, tuang sedikit deterjen dan air secukupnya. Lalu tutup plastik dan kocok-kocok beberapa waktu. Kemudian bilas kaus dan gantung agar kering. Teknik ini tidak bisa diterapkan pada celana panjang terutama yang berbahan kaku (seperti celana jins), jaket, dan baju-baju tebal lainnya.  

Tas waterproof

Tas menyelam yang berbahan PVC merupakan tas yang kerap dipakai para pehobi selam untuk menaruh baju basah. Sebab tas ini tahan dan kedap air. Harganya biasanya lumayan mahal.

Selain membelinya di toko-toko outdoor, produk serupa juga dijual di toko-toko online. Jadi agar lebih berhemat, Anda bisa membeli produk serupa yaitu dry bag atau waterproof bag di toko-toko online. Harganya di kisaran Rp 50.000. Pastikan terbuat dari bahan PVC dan memiliki penutup yang rapat.

Sama dengan teknik dengan ziploc, masukan kaus ke dalam tas lalu beri deterjen dan air. Kocok-kocok beberapa saat. Keluarkan baju dan bilas dengan air bersih. Lalu, gantung baju agar cepat kering.

Mencuci bahan tebal dan kaku

Saya pernah terpaksa mencuci celana jins di kamar mandi hotel. Cara terbaik adalah mencucinya di wastafel kamar mandi. Penuhi wastafel dengan air terlebih dahulu. Biasanya wastafel di kamar hotel dilengkapi penyumbat air.

Tuang deterjen ke dalam air dan kocok-kocok hingga berbusa. Rendam celana jins dalam air sabun ini selama 15 menit. Baru setelah itu Anda kucek di bagian-bagian kotor. Lalu kosongkan air sabun dan isi kembali wastafel dengan air bersih.

Rendam kembali celana jins agar hilang dari sisa sabun. Bilas beberapa kali dan segera gantung celana jins.

Jika kejadian ini terjadi di Indonesia, Anda bisa pergi ke warung terdekat untuk membeli pewangi pakaian yang juga berfungsi sebagai sekali bilas.

Beli dalam kemasan kecil atau sahet. Produk seperti ini akan menghemat waktu Anda saat menghilangkan sisa sabun.

Teknik sama bisa diterapkan untuk baju dan pakaian dalam, terutama jika Anda tidak membawa ziploc atau tas anti air. Ingat, jangan merendam terlalu lama. Apalagi sampai direndam semalaman, Anda tidak perlu melakukan hal ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/21/181800327/tips-mencuci-pakaian-sendiri-selama-traveling-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke