Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galang Promosi Pariwisata, Generasi Wonderful Indonesia Dibentuk di Selandia Baru

Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, mendukung penuh program Kementerian Pariwisata RI dalam mendorong masyarakat, pelajar, dan mahasiswa Indonesia di luar negeri untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di luar negeri. 

Hal ini disampaikannya ketika meresmikan pembentukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) chapter Selandia Baru pada Sabtu (22/9/2018) di Auckland.

"Ini inisiatif bagus yang harus didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia di Selandia Baru. Kita harus bantu pemerintah dalam mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan asing ke Indonesia dalam rangka mencapai 20 juta turis sebelum 2019," ujar Tantowi di hadapan Don Suhardono, staff khusus Menteri Pariwisata dan masyarakat Indonesia yang hadir, seperti dikutip dalam siaran pers yang dikirim ke Kompas.com.

Pariwisata sudah ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai sektor unggulan RKP 2018 bersama pertanian dan perikanan. Diperlukan upaya dan kreativitas untuk mencapai target angkat tersebut.

GenWI adalah salah satunya. "Saya menyebut ini sebagai inisiatif bagus karena melibatkan keberadaan masyarakat kita di luar negeri yang selama ini ingin berpartipasi dalam pembangunan di Tanah Air. GenWI adalah kanalisasi dari keinginan tersebut," kata Tantowi.

Don Suhardono yang mewakili Menteri Pariwisata mengapresiasi dukungan Dubes Tantowi dan semangat masyarakat Indonesia di Selandia Baru untuk mendukung GenWI. GenWI sudah dibentuk di beberapa negara seperti Jepang, Korsel, India, China, Malaysia, Thailand dan sekarang Selandia Baru.

"Negara membutuhkan bantuan Saudara-Saudara sekalian. Indonesia mempunyai banyak keunggulan jika dibanding negara-negara lain. Bukan saja alamnya yang indah tapi budaya dan kulinernya juga sangat menarik bagi wisatawan," jelas Don dalam sambutannya.

Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Selandia Baru, Ibnu Sitompul, dalam sambutannya menyampaikan keberadaan mahasiswa di luar negeri bukan sekadar belajar dan menuntut ilmu tapi juga turut membantu Pemerintah dalam banyak hal, di antaranya promosi budaya dan pariwisata.

Menurut data dari Kementrian Pariwisata, jumlah wisatawan dari Selandia Baru yang berkunjung ke Indonesia sampai Agustus sudah mencapai 125.000 orang, meningkat hampir 100 persen dibanding priode yang sama tahun lalu.

Salah satu penyebabnya adalah penerbangan langsung Auckland-Denpasar tiap hari oleh Emirates dan 4 kali seminggu oleh Air New Zealand.

"Terima kasih kepada Emirates dan Air New Zealand yang sudah buka penerbangan langsung ke Indonesia. Jumlah wisatawan dari Selandia Baru saya yakini akan melonjak lagi jika kedua maskapai tersebut bisa merealisasikan kerjasama dengan Garuda dan maskapai nasional lainnya untuk lanjutan penerbangan ke destinasi-destinasi lain di Indonesia" ujar Tantowi dengan penuh harap.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/23/104302227/galang-promosi-pariwisata-generasi-wonderful-indonesia-dibentuk-di-selandia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke