Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Seputar Minum Teh agar Tambah Nikmat

"Hal yang harus diperhatikan adalah air panas, daun teh, dan alat yang digunakan seperti teko," jelas Tea Master, Suwarni saat acara workshop Siangming Tea dan Kopi Oey di Kopi Oey Sabang, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Setelah siap dengan peralatan menyeduh teh, Suwarni mulai menyiram teko dan cangkir dengan air panas. Hal ini dimaksud agar suhu luar dan dalam dari teko serta cangkir sama.

Kemudian yang dilakukan adalah mengambil teh kering yang dengan sendok.

"Usahakan dengan sendok karena jika tangan berbau atau kotor akan memengaruhi rasa teh," jelas Suwarni.

Masing-masing teh juga memiliki ketentuan suhu air panas untuk menghasilkan rasa terbaik. Lebih mudahnya, Suwarni menjelaskan teh berwarna gelap seperti teh hitam butuh disiram air panas dengan suhu 100 derajat celcius.

Untuk teh dengan warna cerah seperti teh putih, kuning, dan hijau butuh suhu air sekitar 70-80  derajat celcius.

Seperti yang dipraktikkan oleh Suwarni, teh pu erh butuh disiram air panas 100 derajat celcius. Lantas didiamkan selama 30 detik baru boleh dituang ke cangkir dan diminum.

Saat meminum teh juga ada cara tersendiri. Menyeruput teh adalah cara yang disarankan, karena selain memberi udara agar tidak terlalu panas, menyeruput juga membuat air teh mengenai seluruh bagian gusi.

"Minum teh jangan langsung ditelan. Rasakan dulu dan kenakan ke semua gusi agar bekerja maksimal untuk membersihkan plak gigi juga,"

Bagi para penikmat teh tak ada salahnya untuk mempraktikkan tradisi Kungfu Cha, yang sebenarnya terangkum dalam metode di atas.

Proses penghitungan waktu dalam menyeduh teh dapat melatih sesoeorang untuk lebih berkonsentrasi, fokus dengan apa yang dilakukan saat itu. Kungfu Cha juga dapat menjadi sarana meditasi di hari yang membuat penat.

Selesai menyeduh teh, jangan lupa untuk membersihkan teko dan cangkir teh hanya dengan air tanpa sabun. Khususnya teko dan cangkir teh dari tanah liat, dapat menyerap segala kimia termasuk sabun yang dapat memengaruhi rasa teh berikutnya. 

https://travel.kompas.com/read/2018/09/26/120800427/rahasia-seputar-minum-teh-agar-tambah-nikmat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke