Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayana Komodo Resort, dari Flores Menyapa Turis Dunia

Destinasi wisata di ujung barat Pulau Flores itu mulai menunjukkan perubahan, terutama saat melihat pelabuhan yang dipenuhi kapal dagang, kapal penumpang dan kapal phinisi.

Di Bandara Komodo, jumlah maskapai semakin bertambah terbang ke Labuan Bajo. Wisatawan dalam dan luar negeri semakin membanjiri kota ini. Inilah berkah pariwisata.

Siapa sangka di tebing yang terkenal gersang ini berdiri tegak sejajar dengan tebing sebuah hotel bintang 5 dan ini satu-satunya di Labuan Bajo. Anda akan terkagum-kagum dengan bangunan AYANA Komodo Resort.

Biasanya lobi hotel berada di bagian bawah, kemudian kamar berada di atasnya. Justru di AYANA Komodo Resort, lobi hotel berada paling atas. Di lantai bawah terletak kamar-kamar dan fasilitas lainnya.

Sambil duduk di lobi, ditemani angin semilir, Anda akan menatap Pulau Kukusan di seberang hotel, birunya laut dengan kapal-kapal phinisi yang berlabuh, dermaga meliuk-liuk bagaikan naga dan pulau-pulau lain sehingga semakin menambah kekaguman akan keindahan bahari Flores.

Pemilik AYANA, Rudy Suliawan saat meresmikan AYANA Komodo Resort, Sabtu (15/9/2018) mengemukakan rasa kagumnya akan keindahan Flores.

Menurut Rudy, ajakan putrinya lah yang semakin menguatkan tekadnya mendirikan hotel di Labuan Bajo.

AYANA Komodo Resort mempekerjakan 200 pegawai, di mana setengahnya berasal dari Labuan Bajo. Mereka dikirim ke Ayana di Bali dan dilatih selama 6-9 bulan.

"Saat opening, mereka balik ke sini dan langsung bekerja melayani tamu. Saya harapkan mereka nanti akan jadi pemimpin di bidang travel dan hospitality industry di daerah ini," kata Rudy.

Selain Restoran Rinca, AYANA Komodo Resort juga menyediakan HonZEN restoran khas Jepang. Bila Anda ingin bersantap di dermaga dengan panorama pantai, bergegaslah ke Naga Bar yang lokasinya berada di ujung dermaga.

"Dengan beroperasinya AYANA di Komodo, kami akan berikan sentuhan Ayana bagi para tamu yang menginap sehingga mereka merasa nyaman menikmati liburan di Labuan Bajo dan menginap di resor ini," kata Arroyo.  

Yang lebih seru lagi, untuk memberikan rasa puas kepada para tamu melihat alam bawah laut Flores, AYANA menyediakan glass bottom boat, yakni kapal Lako Taka. Wisatawan dapat menikmati karang bawah laut dan ikan warna-warni dari atas kapal yang lantainya dari kaca.

Sementara untuk wisatawan yang suka berpetualang dalam beberapa hari, AYANA menyediakan Lako Di'a, sebuah kapal phinisi yang dibuat khusus laksana hotel terapung dengan 9 kamar dilengkapi kamar mandi, shower, wastafel, dan toilet.

Kini keindahan Labuan Bajo selalu memanggil-manggil wisatawan mancanegara untuk datang, entah untuk berlibur, berbulan madu ataupun melangsungkan pernikahan.

Pasangan pengantin ini membawa rombongan dari Beijing dalam jumlah besar yakni sebanyak 125 undangan.

Peduli Komodo

Ramainya kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri ke Labuan Bajo tak lain dan tak bukan karena ingin melihat habitat asli komodo di TN Komodo serta keindahan baharinya.

"AYANA akan berikan bantuan berupa baju, topi, dan sepatu untuk ranger dan customer service untuk ranger berupa pelatihan. Kita akan perbaiki toilet berdasarkan desain dari TN Komodo. Nantinya setiap kamar yang kita jual per malam, sebesar 1 dollar AS akan disumbangkan untuk TN Komodo," katanya.

"AYANA punya visi yakni menjadikan Labuan Bajo sebagai world destination," tambah Rudy.

https://travel.kompas.com/read/2018/09/29/131246027/ayana-komodo-resort-dari-flores-menyapa-turis-dunia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke