Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gunung Gamalama dan 5 Wisata Cantik Lain di Ternate

Gunung mengeluarkan asap berwarna putih kelabu setinggi 250 meter dari puncak awal. Abu vulkanik terbawa angin ke arah barat laut dan jatuh di wilayah Kecamatan Ternate Barat dan Pulau Ternate.

Gunung Gamalama terkenal sebagai destinasi wisata unggulan di Ternate. Kota Ternate pada dasarnya terletak di bawah Gunung Gamalama. Selain Gunung Galama, ada destinasi wisata unggulan lain di Ternate, seperti berikut ini:

1. Danau Laguna

Danau Laguna terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat Kota Ternate. Tempat ini kerap disebut Danau Ngade.

Masyarakat sekitar mulai membangun anjungan berfoto agar pemandangan Danau Laguna dapat diabadikan dengan maksimal oleh para wisatawan. Kegiatan lain yang dapat dilakukan di Danau Laguna adalah memancing.

2. Desa Fitu

Lokasi untuk melihat pemandangan yang diabadikan menjadi lukisan lembaran uang Rp 1.000 ada di Dea Fitu Ternate.

Pulau Tidore dan Pulau Maitara akan tampak dari Desa Fitu, lengkap dengan kapal nelayan yang memang sengaja dijangkar diperairan sekitar. Banyak wisatawan yang membawa lembaran uang Rp 1.000 yang mulai langka.

Wisata ini merupakan perbukitan yang berada di Jalan Batu Angus, Tobololo, Kota Ternate, Maluku Utara.

Batu Angus merupakan sisa kedahsyatan meletusnya Gunung Gamalama 1673. Membuat kumpulan bebatuan dari lahar panas.

Wujudnya seperti stalaktit hitam yang muncul dari dalam bumi. Perbukitan dengan batuan hitam dijaga hijaunya Gunung Gamalama, berpadu dengan pemandangan birunya laut dari ketinggian, sungguh hal yang harus dikunjungi saat Anda melancong ke Ternate.

4. Pantai Sulamadaha

Pantai berpasir hitam yang eksotis ini dekat dengan Pulau Hiri, salah satu spot diving populer di Ternate. Selain eksotis karena pasir hitam lembutnya, pantai ini juga memiliki pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di seberangnya.

Wisatawan bisa menikmati perjalanan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik masyarakat. Warga sekitar juga banyak menjajakan kudapan tradisional di sisi pantai, yang tentunya bisa dicoba wisatawan.

Danau Tolire berada di Desa Takome, sekitar 20 kilometer dari Kota Ternate. Iklim sekitar danau yang sejuk, dengan air berwarna hijau dan pemandangan hutan membuat Danau Tolire menjadi destinasi wajib wisatawan saat ke Ternate.

Sebuah kepercayaan di Danau Tolire berkembang, ketika melemparkan batu maka si pelempar tidak dapat emlihat ke mana batu tersebut jauh dan tidak ada cipratan air. Hanya rekan pelempar batu yang dapat melihat.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/05/070300127/gunung-gamalama-dan-5-wisata-cantik-lain-di-ternate

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke