Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Pantai Waikiki Hawaii, Impian Ridwan Kamil untuk Pantai Pangandaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat ( Jabar) Ridwan Kamil berencana mendesain Pantai Pangandaran seperti Pantai Waikiki di Hawaii, Amerika Serikat. Wacana itu ia unggah lewat akun sosial media Instagram, Jumat (5/10/2018) lalu.

"PANTAI PANGANDARAN akan direvitalisasi dan ditata untuk jadi wisata kelas dunia. Kerja sama Pemprov Jabar dan Pemkab Pangandaran. Sepanjang garis pantai timur dan pantai barat akan ditata, diberi jalur pejalan kaki yang rindang dan nyaman. Impiannya seperti Waikiki Beach di Hawaii," tulis Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil lewat akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Dalam berbagai survei yang dilakukan oleh media wisata dunia, Pantai Waikiki seringkali keluar sebagai pemenang dalam kategori pantai paling terkenal di dunia dan pantai terbaik di dunia.

Sejarah Pantai Waikiki sendiri, dilansir dari situs panduan wisata di Hawaii berawal dari area bermain anggotaa Kerajaan Hawaii. Mereka diketahui sudah gemar berselancar di ombak sejak 1800an.

Tradisi berselancar tersebut yang akhirnya melahirkan Pantai Waikiki sebagai daerah wisata ternama. Sejak 1800-an sudah banyak dibangun akomodasi bagi peselancar dan 1901 dibuka hotel besar pertama bernama Moana Surfrider. Hotel bersejarah lainnya adalah Royal Hawaiian Hotel.

Selain berselancar ada kegiatan lain yang dapat dilakukan oleh para wisatawan. Misalnya bersantai di resor, berbelanja barang bermerek, ikut serta dalam acara musik luar ruang, menikmati tarian hula, atau lomna perahu kano.

Dekat Pantai Waikiki juga berkembang berbagai destinasi wisata lain seperti Pearl Harbor pangkalan militer yang bersejarah dari Perang Dunia II, Lolani Palace atau istana kerajaan satu-satunya di Amerika Serikat, Hanauma Bay lokasi snorkeling, Chinatown atau pecinan, dan masih banyak lainnya.

Pantai Pangandaran sendiri merupakan salah satu obyek wisata andalan Jawa Barat, destinasi berselancar paling dekat dari Jabodetabek.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/08/220500727/mengenal-pantai-waikiki-hawaii-impian-ridwan-kamil-untuk-pantai-pangandaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke