Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengalaman Berbelanja ke Myeongdong, Surganya Kosmetik Korea

Berbelanja ke Myeongdong ini karena produknya murah-murah dibandingkan di Indonesia, rata-rata pengunjung kalap berbelanja. Bisa saja kamu menambah kopor sepulangnya dari Korea gara-gara sarat belanjaan.

Berikut pengalaman Kompas.com mengunjungi tempat wisata ini beberapa waktu lalu bersama Korea Tourism Organization Jakarta serta lima selebgram hijab yakni Asma Nadia (@asmanadia), Indah Nada Puspita (@indahnadapuspita), Rizky Amelia (@ameliaelle), Bella Almira (@bellmirs), serta Syifa Adinda Negara (@adindanegara).

Walau kita sudah memiliki kartu kredit, sebaiknya tetap siapkan won dalam bentuk kas untuk membeli kebutuhan pribadi atau berbelanja makanan di lapak-lapak street food sepanjang Myeongdong. Harga makanan mulai dari 1000 won sampai 5.000 won (1 won=Rp 14).

Membawa kas ini juga untuk berjaga-jaga jika sistem pembayaran elektronik gagal. Kamu juga bisa membawa dollar AS untuk berjaga-jaga jika harus menukarkan uang di money changer. Di Myeongdong ada banyak money changer yang tersedia.

Untuk menggunakan kartu kredit di Myeongdong, kamu harus terlebih dulu lapor untuk membuka penggunaan ke luar negeri ke bank penerbit. Prosesnya satu hari kerja.

Sayangnya, pengalaman Kompas.com menggunakan kartu kredit ketika berbelanja di beberapa toko di Myeongdong lumayan buruk.

Karena semua toko mengharuskan penggunaan tanda tangan digital, sementara di Indonesia cukup menggunakan PIN, sehingga tanda tangan yang tertera sepertinya terbaca beda di mesin pemindai.

Akibatnya, di dua toko yang dikunjungi Kompas.com selalu gagal melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit.

Setiap toko punya diskon berbeda. Jika belum yakin, foto saja harga diskonnya dan kemudian bandingkan dengan tempat lainnya. 

Sebab di satu toko bisa saja menawarkan Jeju Aloe Vera Soothing Gel seharga 4.000 won untuk tiga kotak (1 won=Rp 14), sementara toko lain menawarkan merek lain dengan packing 4 kotak seharga 13.500 won. Jauh kan bedanya.

4. Awas tersesat

Myeongdong penuh dengan gang-gang yang semuanya juga ramai. Jika berjalan dengan rombongan, sebaiknya jalan berdua atau bertiga agar tidak tersesat. Perhatikan peta Myeongdong atau buka google street agar tidak tersesat ya.

Di Myeongdong, kamu bisa berbelanja kosmetik dengan harga diskon, paket, dan bonus tambahan yang banyak. Selain itu juga bisa berbelanja fashion seperti baju, mantel, sepatu, makanan dan sebagainya. 

Pegawai-pegawai di toko-toko di Myeongdong rata-rata bisa berbahasa Inggris dan memiliki kemampuan melayani pembeli dengan sabar dan baik. Sehingga kita benar-benar dibuat betah berbelanja.

Jika kamu ikut rombongan tur, waktu dua jam tidak akan cukup. Sebaiknya daftar tujuan apa yang akan kamu beli di Myeongdong terlebih dahulu dan di mana tempatnya untuk menghemat waktu belanja.

Jika masih memerlukan informasi mengenai Korea, kamu bisa buka website KTO Indonesia di https://www.visitkorea.or.id/ atau kunjungi Instagramnya di @ktoid.

Ikuti juga perkembangan program-program wisata ke Korea serta cerita mereka yang sudah ke Korea di #AkudanKorea  serta di #KeKoreaAja.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/16/060000727/pengalaman-berbelanja-ke-myeongdong-surganya-kosmetik-korea

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke