Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uniknya Rasa Kacang Mete Flores Timur, Wajib Bawa untuk Oleh-oleh

Kontur tanahnya yang unik dan cara pengolahan organik membuat kualitas dan cita rasa kacang mete menjadi berbeda dari yang lain, itulah yang membuat mete flores timur diterima berbagai negara di dunia.

"Kalau di sini tuh lebih creamy, nanti kalian coba deh. Bahkan wisatawan luar yang ngambil langsung dari sini pernah bilang salah satu kualitas mete terbaik," tutur Hanna Keraf, warga Flores Timur yang memberdayakan UKM setempat pada KompasTravel.

KompasTravel sempat menyambangi salah satu Unit Pengolahan Hasil (UPH) Mete Puna Liput, Desa Ilepadung, Kecamatan Lewolema, Flores Timur, dalam acara DBS Daily Kindness Trip, Jumat (12/10/2018).

Berbeda dari Lainnya

Menurut kepala UPH, sekaligus tetua adat di desanya Gabriel Belawa Maran (53), perbedaan itu hasil dari kontur bebatuan, dengan curah hujan yang sedikit di Flores Timur.

"Di sini bukan tanah berbatu, tapi batuan bertanah. Kamu bisa lihat nanti pohon itu tumbuh di sela batuan.  Jadi nutrisinya itu banyak tersimpan di batuan," tutur pria yang kerap di sapa Ebiet.

Keunikan itulah yang menjadikan kacang ini kerap diburu wisatawan sebagai oleh-oleh Flores Timur, maupun Pulau Flores, NTT. Namun sayang, menurutnya mete yang tersebar jarang sekali yang menggunakan identitas Flores Timur, apalagi desa-desa penghasil metenya.

Selain rutin diekspor via Jakarta dan Bali ke beberapa negara, mete dari Flores Timur juga banyak dijadikan oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke daratan Flores.

Harganya bervariasi, mulai Rp 20.000 untuk 100 gram, dan Rp 80.000 untuk 350 gram. Untuk oleh-oleh kacang ini bisa tahan hingga dua tahun untuk yang belum digoreng, atau hanya dioven. Sedangkan yang sudah digoreng hanya bertahan dua bulang, selama plastik belum bocor.

"Rutin dikirim tanpa label, kacang masih putih, tiap bulan, ke Maumere, dan perusahaan-perusahaan Jakarta-Bali, mereka yang ekspor ke luar. Jumlahnya tergantung permintaan kadang 100 kg," kata Ebiet.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/22/063652227/uniknya-rasa-kacang-mete-flores-timur-wajib-bawa-untuk-oleh-oleh

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke