Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Restoran di Austin Kini Tak Boleh Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah

Peraturan ini dibuat karena banyaknya limbah yang berasal dari bahan organik, termasuk sisa makanan di Austin. Bahkan hasil studi pada 2015 menunjukan bahwa 37 persen sampah Austin berasal dari sampah bisnis organik.

Untuk itu restoran di Austin tidak boleh lagi membuang sisa makanan di tempat sampah setiap malamnya. Peraturan ini juga merupakan bagian dari Universal Recycling Ordinance, yang menjadi salah satu inisiatif Zero Waste atau nol sampah yang ditargetkan tercapai di Austin pada 2040 mendatang.

"Kota ini berkomitmen untuk membantu perusahaan, besar dan kecil, mencari solusi hemat biaya dan membuat program pengalihan untuk memastikan makanan dan bahan organik lainnya dimanfaatkan sebaik mungkin sambil memenuhi persyaratan tata cara," kata direktur interim Pemulihan Sumber Daya Austin, Sam Angoori, seperti dikutip dari www.kxan.com. 

Dengan adanya peraturan ini, restoran harus lebih kreatif dalam pengelolaan makanan maupun sisa makanan, misalnya dengan menyumbangkan makanan, membuat kompos, atau memberikan sisa bahan organik kepada peternak.

Bahkan banyak solusi potensial yang telah dikembangkansecara global untuk permasalahan sampah di Austin.

Seperti yang dilansir KompasTravel dari FoodBeast.com, Food Hackers sedang mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membuat restoran memberi informasi mengenai sisa makanan berlebih. Orang lain yang membutuhkan sisa makanan itu bisa mendapatkannya melalui aplikasi tersebut. 

https://travel.kompas.com/read/2018/10/22/133518227/restoran-di-austin-kini-tak-boleh-buang-sisa-makanan-ke-tempat-sampah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke