Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Salah Paham yang Kerap Terjadi Terhadap Makanan Italia

Namun demikian sebenarnya ada banyak pemahaman yang salah dengan makanan Italia. Oleh karena banyak makanan Italia di dunia, termasuk Indonesia yang berkiblat kepada makanan Italia dari Amerika.

Koki berdarah Italia Ali LaRaia dari The Sosta, New York berbagi pemahaman mengenai hidangan khas Italia agar tidak banyak yang salah paham akan makanan asalnya. Apa saja?

1. Makanan di Italia Musiman

"Di Italia, makanan disajikan sesuai musim. Semuanya benar-benar segar, dari bahan lokal, dan sederhana," kata LaRaia. Jadi lebih baik tidak mengharapkan menu makanan yang selalu sama saat berkunjung ke restoran Italia.

2. Makanan Italia Tidak Dipenuhi Keju

Kalau di Indonesia ada banyak makanan Italia yang dipenuhi keju, sampai permukaannya tertutupi semua berarti kurang autentik. Sebab menurut LaRaia, makanan Italia yang ditutupi keju sebenarnya sangat jarang.

"Makanan Italia tentang mengontrol porsi makanan. Jadi entah itu besarnya porsi, atau porsi bahan yang digunakan. Semuanya ada tujuan dan tidak berlebihan," jelas LaRaia.

3. Tidak Ada Spaghetti Bakso

Spaghetti bakso atau meatball begitu terkenal di Amerika. Namun kenyataanya di Italia tidak ada hidangan ini. Orang Italia menyajikan bakso dengan saus merah, tetapi sebagai makanan pembuka, tidak pernah digabung dengan pasta.

4. Tidak Pernah Direndam di Saus

Saat melihat pasta atau sayuran terendam di saus seperti saus marinara atau bolognaise, LaRaia mengatakan lagi-lagi itu bukan makanan Italia autentik.

Kunci makanan Italia adalah "sederhana itu yang terbaik". Bergitu pula dengan penggunaan mentega dan bawang putih, yang tidak pernah berlebihan.

5. Biasanya Tidak Menaruh Garam di Meja

Jika orang Amerika gemar menambahkan garam, lada, dan keju ke makanan mereka, berbeda dengan orang Italia. Di restoran-restoran Italia biasanya tidak disediakan garam, lada, dan keju. Umumnya yang disediakan bubuk cabai.

Sebab, menurut LaRaia, orang Italia memasak makanan benar-benar dari mentah dan membumbui sendiri. Jadi jika diberi garam di meja sama dengan mengajak orang mengubah rasa masakan.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/23/130600027/5-salah-paham-yang-kerap-terjadi-terhadap-makanan-italia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke