Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rahasia Sukses Sayudi Berhasil Buka 196 Warteg Kharisma Bahari

WKB dengan slogan “Siap Mewartegkan Jabodetabek”, kini telah memiliki 196 cabang di Jabodetabek, ini sudah termasuk warteg dalam antrean renovasi tempat.

Dalam mendirikan WKB, Sayudi sejak awal hadir dengan konsep yang ingin mengubah kesan warteg yang kumuh menjadi warteg yang bersih.

“Kalau bersih kan siapa aja mau masuk yah, mau pengusaha, orang kantoran, artis kalau bersih mereka nggak sungkan untuk makan. Sekarang orang udah nggak segan lagi makan di warteg karena sudah bersih,” ujar Yudi ketika ditemui KompasTravel di di Warteg Kharisma Bahari, Jalan Haji Batong Raya, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

Menurutnya, untuk bisa sukses orang harus punya keberanian untuk memulai sesuatu termasuk dalam mendirikan sebuah usaha. 

“Untuk saya pribadi untuk bisa sukses itu yah modal utama harus berani dulu, bukannya uang. Orang yang punya uang tapi nggak berani dan takut yah nggak akan maju-maju,” kata Yudi.

Dalam menjalankan usaha ini, Yudi tidak langsung sukses dalam sekejap. Awalnya ia hanya membuka warteg dengan modal dari mertua di tempat yang disewakan pemerintah daerah pada waktu itu.

Setelah memiliki modal, ia kemudian menyewa tempat lalu membuka cabang. Namun, karena terjadi kerugian ketika cabang tersebut dijaga oleh karyawan, ia kemudian mengambil orang dari Tegal untuk mengurus usahanya dengan pembagian sistem bagi hasil.

Selama perjalan itu, ia tidak pernah berhenti untuk belajar dan bergaul. Ia selalu membaca dan mencari informasi dari buku dan internet. Ia juga mengatakan jika belajar pun bisa dari lingkungan sekitar.

Yudi menganalogikan kesuksesan dengan dingin dan panas. "Logikanya gini, kalau ingin dingin, yah menempel di dingin kayak es, jika ingin panas, menempel pada sesuatu yang panas," katanya.

“Belajar itu dari orang-orang sukses dan dari lingkungan sekitar. Kalau saya pergi makan ke tempat makan, saya perhatikan tempat makan itu. Jika saya lihat sesuatu yang bagus dari tempat makan, saya coba berinovasi. Keramik di dinding itu ide yang muncul dari lingkungan sekitar karena dengan keramik jadinya lebih bersih,” jelas Yudi.

Ketika ditanya soal sosok inspirasi dalam berusaha, Yudi menyebutkan nama almarhum Bob Sadino.

“Kalau sosok inspirasi saya dalam berusaha yah Bob Sadino, beliau itu sukses karena keberaniannya dan tetap sederhana,” ujar Sayudi.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/25/210800427/rahasia-sukses-sayudi-berhasil-buka-196-warteg-kharisma-bahari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke