Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Tempe Orek, Makanan Khas Warteg yang Paling Banyak Dicari

Selain harganya yang murah, warteg mudah ditemui dan buka 24 jam membuat warung ini tak pernah sepi pembeli.

Menurut Sayudi, pemilik Warteg Kharisma Bahari (WKB) di Jabotabek ini mengatakan jumlah makanan yang dijajahkan di warteg terdiri dari 30 hingga 50 makanan, tergantung besar warteg dan jumlah pengunjungnya.

Dari banyaknya makanan yang dijajakan, tempe orek menjadi makanan yang paling banyak dicari dan wajib ada di setiap etalase kaca warteg.

“Tempe orek sendiri menu paling banyak dicari ya dan jadi favorit karena harganya yang murah,” kata Sayudi ketika ditemui KompasTravel di Warteg Kharisma Bahari, Jalan Haji Batong Raya, Kelurahan Cilandak Barat, Jakarta Selatan, Selasa (23/10/2018).

Sejarawan makanan, Fadly Irawan menjelaskan lebih jauh bahwa sebenarnya tidak hanya tempe orek saja yang selalu ditemui di warteg, tetapi varian menu tempe lainnya seperti tempe mendoan.

Ia menjelaskan tempe sendiri merupakan makanan khas Jawa Tengah sehingga varian tempe pasti dijajakan di setiap warteg.

"Sebenarnya tempe ini makanan khas Jawa Tengah yah, jadi di setiap warteg pasti akan ditemui sajian tempe, misalnya tempe mendoan, orek tempe, tempe goreng, dan varian masakan tempe lainnya," kata Fadly ketika dihubungi KompasTravel, Rabu (24/10/2018).

Biasanya, tempe orek disajikan dengan dua jenis yaitu orek tempe basah dan orek tempe kering. Orek tempe basah sendiri dimasak dengan tempe dipotong dadu lalu digoreng, setelah itu dimasak dengan kecap dan diberi potongan cabai merah. Mirip dengan orek tempe basah, orek tempe kering dimasak dengan dipotong kecil-kecil lalu digoreng kering.

Orek tempe basah cenderung lembut ketika digigit dan orek tempe kering ketika digigit renyah. Rasanya juga manis dan pedas nikmat bila dipadukan dengan nasi panas dan segelas es teh manis.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/26/070000427/mengenal-tempe-orek-makanan-khas-warteg-yang-paling-banyak-dicari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke