Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kereta Rute Baru Banyuwangi - Cilacap Diminati Wisatawan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta api (KA) Wijaya Kusuma rute Banyuwangi - Cilacap mulai diminati wisatawan. Kereta yang baru diluncurkan 1 September 2018 itu dinilai mengalami peningkatan yang baik.

"Rute terbaru kita Cilacap-Banyuwangi reportnya bagus, ternyata diminati wisatawan. Peningkatan wisata ke Banyuwangi kan tinggi," ucap Mukti Jauhari, Corporate Deputi Director of Passenger Transport Marketing and Sales PT KAI, dalam konfrensi pers KAIExpo 2018, Selasa (30/10/2018).

Menurut Mukti, meski kurang dari dua bulan beroperasi, tingkat keterisian kereta sudah mencapai 180 persen. Angka tersebut diambil dari semua penumpang yang naik dan turun di tiap stasiun sepanjang Cilacap-Banyuwangi.

Menurutnya wisatawan tujuan Banyuwangi mayoritas berasal dari Yogyakarta, Solo, dan Madiun. Sedangkan mayoritas wisatawan dari Cilacap justru turun di Surabaya.

"Yang turun ke Probolinggo itu 'bule', tujuan mereke ke Gunung Bromo. Kalau Banyuwangi kebanyakan turun di Karangasem, karena memang di sana paling banyak dekat wisata, strategis. Kebetulan pas saya ke Ijen juga ramai 'bule'," tuturnya.

KA Wijaya Kusuma tujuan Banyuwangi – Cilacap PP terdiri dari rangkaian empat kereta eksekutif berkapasitas 200 tempat duduk dan tiga kereta premium berkapasitas 192 tempat duduk.

Setiap harinya, kereta ini dijadwalkan berangkat dari Stasiun Banyuwangi pukul 11.05 WIB dan tiba di Cilacap pukul 04.42 WIB keesokan harinya. Sebaliknya, kereta berangkat dari Cilacap pukul 14.10 WIB dan tiba di Banyuwangi pukul 07.02 WIB.

Untuk wisatawan dari Jakarta, Mukti merekomendasikan transit di Yogyakarta untuk menuju Banyuwangi dengan kereta itu. Sedangkan wisatawan dari Bandung juga bisa transit di Solo.

"Saya ingat kereta itu atas permintaan bupati dan Dinas Pariwisata (Banyuwangi) sudah lama, dan baru terealisasikan kemarin. Ternyata responnya memang cukup baik," tutup Mukti.

Sebelumnya penumpang KA dari Cilacap maupun Yogyakarta yang ingin ke Banyuwangi secara langsung hanya dilayani KA Sritanjung kelas ekonomi.

https://travel.kompas.com/read/2018/10/31/131846927/kereta-rute-baru-banyuwangi-cilacap-diminati-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke