Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Saudi Arabian Airlines Luncurkan Rute Baru Jeddah-Surabaya

Rute baru ini kini memiliki empat kali penerbangan dalam satu minggu dengan menggunakan armada Boeing 747-400 berkapasitas 450 penumpang.

"Alhamdulillah. Ini merupakan sinyal positif. Pintu konektivitas udara internasional Jawa Timur makin terbuka lebar. Dengan dibukanya penerbangan ini alur masuk wisman makin kencang lagi," ujar Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata II Kemenpar, Nia Niscaya, dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu.

Nia mengatakan dengan dibukanya rute penerbangan ini Kemenpar akan terus memaksimalkan promosi untuk menarik pasar Arab Saudi dan mendorong penjualan paket wisata juga tiket penerbangan.

"Ini awal yang baik. Kami pun akan terus memaksimalkan promosi untuk merayu pasar wisatawan Arab Saudi. Karena pasarnya masih cukup besar untuk kita eksplorasi lagi," kata Nia.

Sementara itu, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional III Raden Sigit Witjaksono mengatakan penerbangan ini sangat positif untuk promosi pariwisata Indonesia.

Kemenpar sendiri menargetkan 250.000 wisatawan asal Timur Tengah, untuk wisman asal Arab Saudi sendiri ditargetkan dapat menyumbang 162.400 wisman.

"Kami optimis target tersebut tercapai. Karena menurut data BPS, sampai dengan bulan Agustus sudah 126.186 wisman Arab Saudi masuk ke Indonesia," kata Sigit.

Menurut dia, pangsa pasar wisata kawasan Timur Tengah begitu besar. Selain itu juga pengeluaran wisman asal Timur Tengah ini di atas rata-rata juga durasi pelesiran yang cukup lama.

“Umumnya, durasi pelesiran wisatawan Timur Tengah 8,5 hari dengan pengeluaran rata-rata per pengunjung 1.190 dollar AS atau sekitar Rp 17.800.000,” kata Arief.

Menpar berharap melalui rute penerbangan baru bisa menambah pilihan destinasi wisata untuk wisman asal Arab Saudi. (*)

https://travel.kompas.com/read/2018/11/04/201000427/saudi-arabian-airlines-luncurkan-rute-baru-jeddah-surabaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke