Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suka Air Terjun? Pesawaran Lampung Punya 4 Air Terjun Cantik

Bagi sebagai orang, berwisata ke air terjun juga memberi efek menenangkan dari mendengarkan aliran air. Jika Anda di Jakarta, Kabupaten Pesawaran di Lampung dapat menjadi pilihan. Di sana ada empat air terjun cantik yang belum ramai wisatawan. Berikut daftarnya:

1. Arter Anglo

Arter merupakan singkatan yang diberi warga lokal untuk 'air terjun'. Lokasi air terjun ini berada di Desa  Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai. Dari Bandar Lampung air terjun ini dapat ditempuh dengan berkendara 1,5 jam.

Akses jalan menuju air terjun ini terbilang sudah baik. Juga disediakan berbagai fasilitas seperti toilet dan kamar ganti, mushola, serta gajebo untuk bersantai.

2. Air Terjun Sinar Tiga

Masih di Kecamatan Way Ratai, tepatnya di Dusun Sinar Tiga, Desa Harapan Jaya. Ada Air Terjun Sinar Tiga yang memiliki air terjun setinggi 25 meter. Dilihat dari ketinggian air terjun ini sangat cantik.

Namun untuk mencapai air terjun ini butuh trekking, berjalan kaki dengan medan yang cukup menantang. Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Kabut.

3. Curug Tundo Telu

Berada di Desa Ponci Rejo, Kecamatan Way Ratai. Keindahan lokasi ini bukan cuma pada air terjun, melainkan juga bebatuan sekitar. Tundo Telu berarti tiga undakan yang mengacu pada bebatuan di sekitar air terjun.

Curug Tundo Telu belum tercatat di peta digital. Jadi baiknya bertanya langsung kepada penduduk desa. Penduduk Desa Ponci Rejo bergotong royong mengolah wisata di sekitar air terjun.

4. Curug Kembar Caringin Asri

Air terjun ini punya beberapa nama, seperti Air Terjun Rindu Kembar, dan Air Terjun Kembar Rindu Alam. Loaksinya ada di Desa Caringin Asri, Kecamatan Way Ratai.

Ada dua air terjun dengan ketinggian yang sama, sehingga disebut air terjun kembar. Untuk menuju air terjun ini butuh berjalan 200 meter melewati perkebunan warga.

Sebelum berenang di air terjun, ada baiknya untuk selalu melihat papan peringatan atau bertanya langsung kepada petugas lokasi wisata. Sebab tidak semua air terjunaman untuk berenang.

Musim hujan juga harus diwaspadai ke air terjun, karena debit air yang besar dan rawan longsor. Jangan lupa untuk selalu bertanya kepada petugas di sekitar air terjun.

https://travel.kompas.com/read/2018/11/15/153700027/suka-air-terjun-pesawaran-lampung-punya-4-air-terjun-cantik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke