Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2019 Indonesia Gelar 11 Kejuaraan Surfing Dunia

Hal tersebut dikemukakan saat pertemua berbagai perwakilan daerah yang lokasinya memiliki potensi wisata surfing, bersama Tim Percepatan Wisata Bahari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), dan World Surf League (WSL), Senin (19/11/2018).

"Sepanjang tahun 2019 diagendakan 11 kejuaran surfing intenasional (World Surf League) di beberapa daerah di Tanah Air sehingga menempatkan Indonesia sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia," tutur Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar, Dwisuryo Indroyono Soesilo kepada media.

Ia mengatakan, Indonesia patut bersyukur dikaruniai banyak pantai dengan ombak surfing yang tersebar di sepanjang pesisir pantai bagian Barat dan Selatan Samudra Hindia serta pesisir pantai Samudra Pasifik.

“Indonesia mempunyai ratusan pantai surfing, 30 di antaranya menjadi lokasi surfing kelas dunia. Dari 30 lokasi ini, 11 di antaranya menjadi tempat penyelenggaraan WSL 2019 sehingga menempatkan Indonesia sebagai destinasi surfing nomor satu di dunia,” kata Indroyono Soesilo.

Penyelenggaraan kejuaraan surfing intemasional WSL tersebut membawa dampak langsung pada ekonomi di daerah serta menjadi ajang promosi yang efektif karena diliput banyak media lokal dan internasional.

“Cara terbaik bagi daerah yang menjadi destinasi surfing kelas dunia adalah dengan mengadakan kompetisi WSL tahunan yang mendatangkan peselancar intemasional. Selain meningkatkan pendapatan ekonomi daerah, juga menghasilkan liputan media ke seluruh dunia," tutur Indroyono.

Sependapat dengannya, Kepala Dinas Pariwisata Bali, A.A Gede Yuniartha Putra mengatakan dirinya tidak menyangka efek dari kejuaraan dunia tersebut akan besar.

Tahun depan ia kembali menyiapkan kegiatan WSL di Bali, dan akan digelar di beberapa tempat dengan tingkat kejuaraan yang lebih tinggi yaitu PRO 3000.

https://travel.kompas.com/read/2018/11/21/092200327/2019-indonesia-gelar-11-kejuaraan-surfing-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke