Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Kota Paling Murah untuk Hidup sebagai "Digital Nomad"

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi mengubah pola kerja generasi milenial. Tidak harus ke kantor dan berbusana rapih, ada beberapa profesi yang dapat dikerjakan dari luar ruang. Termasuk di destinasi liburan.

Fenomena para pekerja yang bekerja di destinasi liburan ini kerap disebut 'digital nomad'. Oleh karena tujuan utama adalah bekerja, biasanya digital nomad dapat menghabiskan waktu yang cukup lama di suatu daerah.

Destinasi dengan biaya hidup yang murah tetapi tetap indah dipilih oleh banyak digital nomad. Situs Nomadlist merangkum 10 destinasi dengan biaya hidup yang terjangkau, tentunya dengan pemandangan menakjubkan untuk para digital nomad. Seperti berikut ini:

1. Kaohsiung, Taiwan

Kota dengan banyak taman, kafe, dan pasar malam. Estimasi biaya hidup perbulan 956 dollar AS atau setara Rp 13 juta. Satu kali makan malam di Kaohsiung berkisar Rp 30.000.

2. Lviv, Ukraina

Kota yang masuk daftar UNESCO sebagai kota Eropa Tengah otentik, sama seperti Praha dan Krakow. Biaya hidup satu bulan 837 dollar AS atau setara Rp 12,2 juta.

3. Nha Trang, Vietnam

Kumpulan resor yang menghadap langsung ke lautan. Biaya hidup di kota ini 539 dollar AS atau setara Rp 7,8 juta.

4. Kathmandu, Nepal

Salah satu kota favorit digital nomad dengan suhu yang bersahabat. Biaya hidup berkisar Rp 9,5 juta per bulan.

5. Hanoi, Vietnam

Menjadi kota yang ramah untuk pejalan kaki dan juga perusahaan teknologi pemula (start up). Biaya hidup 859 dollar AS atau setara Rp 12, 5 juta per bulan.

6. Colombo, Sri Lanka

Kota ramai penduduk yang dekat dengan pantai dan kaya akan budaya. Biaya hidup di kota ini sekitar 995 dollar AS atau setara Rp 14,5 juta per bulan.

7. Chiang Rai, Thailand

Terkenal sebagai daerah di Thailand yang sunyi dengan atmosfer menenangkan. Biaya hidup 994 dollar AS per bulan atau sekitar Rp 14,3 juta per bulan.

8. Dalat, Vietnam

Kota di Vietnam yang terkenal sejuk, dengan banyak bangunan ala kolonial Perancis. Biaya hidup per bulan 909 dollar AS atau setara Rp 13,2 juta.

9. Bishkek, Kyrgyzstan

Kota dengan reputasi penduduk yang sangat ramah dengan pendatang. Biaya hidup di sini selama sebulan sekitar 947 dollar AS atau setara Rp 13,8 juta.

10. Queretaro, Meksiko

Salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Meksiko karena adanya industri teknologi. Ada banyak monumen dan situs sejarah di kota ini. Biaya hidup sebulan sekitar 847 dollar AS atau setara Rp 12,3 juta.

https://travel.kompas.com/read/2018/11/22/191700927/10-kota-paling-murah-untuk-hidup-sebagai-digital-nomad-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke