Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menikmati Garuda Wisnu Kencana di "Siang Bolong"

Memang kawasan wisata yang terletak di Bukit Ungasan, Kabupaten Badung, Bali ini sangat tersohor. Apalagi pasca Patung GWK setinggi 121 meter terpasang dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada September lalu.

Namun untuk datang ke sini anda harus memperhatikan berbagai hal. Salah satunya mengenai waktu kedatangan.

Putu Reza, pemandu wisata Kompas.com bersama tim Media Trip Pegipegi bertajuk "Jelajahi Indonesiamu" mengatakan, waktu terbaik berkunjung di kawasan wisata ini adalah pada pagi atau sore jelang malam hari.

Lalu bagaimana jika kita sampai di GWK saat siang bolong? Kompas.com punya tips agar anda tak mati gaya.

Di kawasan wisata ini kini telah tersedia shuttle bus bernama GWK Loop. Biasanya shuttle bus berwarna dominan merah ini terparkir di sekitar loket pembayaran di akses masuk GWK.

Dengan membayar Rp 20.000 saja, anda akan diantar berkeliling kawasan hingga Lotus Pond, tempat patung-patung raksasa berada.

Sayangnya, saat berkunjuk ke GWK Kompas.com memilih jalan yang salah, yaitu dengan berjalan kaki. Padahal kami tiba sekitar pukul 11.30 WITA.

Alhasil, perjalanan kami menjadi kurang nyaman.

Satu lagi, saat memasuki GWK bagi anda yang mengenakan celana atau rok di atas lutut, maka anda wajib mengenakan kain penutup yang sudah disediakan pengelola.

Akan lebih praktis jika anda tak mengenakan busana terlalu pendek sehingga tak perlu mengantre mengambil kain dan langsung dapat memasuki kawasan wisata.

Penggunaan kaca mata hitam atau topi juga cukup membantu melindungi mata anda dari paparan sinar matahari.

Untuk segelas es teh saja anda harus membayar Rp 15.000. Padahal di luar kawasan harga jauh lebih murah.

Minuman dijual di dalam foodtruck yang diparkirkan di sekitar Lotus Pond.

Oleh sebab itu akan lebih nyaman jika anda membawa sendiri minuman anda untuk menghindari dehidrasi saat berjalan-jalan di teriknya cahaya matahari GWK.

Jika Anda tiba di GWK saat siang bolong, ada baiknya anda terlebih dahulu menikmati wahana indoor sebelum berjalan menuju Lotus Pond.

Anda dapat menikmati pertunjukan tari di Amphiteater, menyaksikan film di Garuda Cinema, atau menghabiskan waktu di tempat-tempat makan sambil menunggu panas matahari mereda.

Apalagi, jika ada memaksakan diri untuk berfoto dengan latar patung-patung raksasa saat siang hari, maka hasilnya tak akan memuaskan karena pencahayaan yang berlebihan atau over lighting.

https://travel.kompas.com/read/2018/11/28/100800527/5-tips-menikmati-garuda-wisnu-kencana-di-siang-bolong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke