Salin Artikel

Tahun 2019, Tiket Masuk Gunung Ijen Dijual secara Online

Sumpena, Kepala BKSDA Wilayah V Jawa Timur kepada Kompas.com pada Senin (4/12/2018) menjelaskan, penjualan tiket online tersebut juga untuk memantau jumlah pendaki gunung Ijen agar tidak melebihi daya dukung kawasan.

"Yang pasti jumlahnya di bawah seribu pendaki per hari, untuk berapa detailnya dalam kajian. Tapi untuk pembelian tiket online sudah bisa dilakukan mulai 2019 melalui agen perjalanan online," jelas Sumpena.

Dengan dibukanya tiket masuk secara online, diharapkan pendaki bisa mengatur jadwal pendakian jauh-jauh hari sehingga lebih terencana.

Namun, untuk uji coba, akan disediakan tiket manual di Paltuding yang jumlahnya tidak lebih dari 100 orang sebagai antisipasi pengunjung dari jauh yang belum mengetahui aturan baru.

Selain itu, mulai tahun 2019 juga diperlakukan penutupan pendakian gunung Ijen setiap hari Jumat di minggu pertama. Penutupan pendakian itu dilakukan untuk memberikan kesempatan alam agar beristirahat.

Sumpena berharap, saat penutupan pendakian gunung Ijen sebulan sekali juga bisa dimanfaatkan oleh komunitas atau masyarakat untuk bersih-bersih Gunung Ijen dan melakukan aktivitas lain yang berkaitan dengan lingkungan.

"Penutupan pendakian Ijen hanya satu hari setiap bulan karena alam juga butuh jeda. Butuh istirahat karena setiap malam ratusan pendaki yang naik apalagi saat musim libur bisa 2 ribu orang lebih. Tapi aturan tersebut baru diterapkan pada tahun 2019 nanti," jelas Sumpena.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/04/210400427/tahun-2019-tiket-masuk-gunung-ijen-dijual-secara-online

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.