Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hutan Pinus Mangunan, Tempat “Ngadem” nan Fotogenik di Jogja

BANTUL, KOMPAS.com – Liburan ke tempat yang sejuk dan teduh tentu merupakan pilihan tepat karena bisa menghilangkan penat. Jika destinasi memiliki udara yang segar, maka liburan pun menjadi semakin menyehatkan.

Khususnya bagi mereka yang berdomisili atau berlibur ke Yogyakarta, destinasi yang menawarkan kesejukan, keteduhan, dan kesegaran udara seperti itu bisa dengan mudah dijumpai. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan.

Hutan pinus ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada di kawasan perbukitan sebelah timur Kabupaten Bantul.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 24 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam perjalanan. Rute paling cepat adalah melalui Jalan Imogiri Barat.

Setelah sampai Kecamatan Imogiri, perjalanan diteruskan melalui Jalan Imogiri-Dlingo. Kondisi jalan akan melewati kawasan perbukitan. Nantinya saat sampai Desa Mangunan, tinggal ikuti plang menuju hutan pinus.

Di antara ratusan pohon pinus

Hutan pinus pun begitu mudah ditemui. Tidak perlu mblusuk berjalan kaki melintasi medan yang sulit karena jalan aspal nantinya sudah berada di tengah-tengah hutan pinus.

Kawasan perbukitan tempat Hutan Pinus Mangunan berada memang merupakan tempat tumbuhnya pohon itu. Pepohonan pinus akan setia menjadi pemandangan di kanan-kiri jalan sepanjang perbukitan.

Beberapa destinasi wisata pun bermunculan di antara hamparan hutan pinus itu. Salah satu yang dikenal masyarakat luas adalah Hutan Pinus Mangunan. Sejak 2014, destinasi ini sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Banyaknya foto-foto keren di antara hutan pinus yang ditampilkan pada berbagai media sosial seperti Instagram memang mampu menarik minat wisatawan, baik dari Yogyakarta, maupun luar daerah.

Kini setiap hari libur, Hutan Pinus Mangunan selalu ramai oleh pengunjung. Selain menawarkan latar berfoto yang unik berupa jajaran hutan pinus, suasananya juga sejuk dan teduh sehingga sangat nyaman untuk dikunjungi.

Keindahan di tengah hutan pinus

Pengelola pun sudah menambah beberapa spot foto untuk membuat kawasan hutan pinus semakin menarik. Beberapa spot foto yang ada yakni seperti rumah pohon dan panggung sederhana.

Selain itu, jika mengikuti jalan setapak yang sudah disediakan pengelola, wisatawan akan tiba di bagian lain kawasan Hutan Pinus Mangunan. Tak hanya pohon pinus, tetapi ada pula taman bunga yang semakin mempercantik kawasan wisata.

Taman bunga ini berada di sisi selatan kawasan Hutan Pinus Mangunan. Pepohonan pinus tidak begitu rindang di sini. Pemandangan ke arah selatan pun begitu terbuka yang menampilkan hamparan perbukitan di selatan Yogyakarta.

Ada pula situs sejarah bernama Watu Tumpang berupa batu besar yang berdiri kokoh meski hanya ditopang oleh batu kecil. Batu ini konon merupakan peninggalan Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar saat mendakwahkan Islam.

Diceritakan dahulu masyarakat setempat sulit untuk menerima Islam. Sunan Kalijaga dan Syekh Siti Jenar kemudian berdoa dan meletekkan batu besar yang mampu berdiri kokoh di atas batu kecil sebagai bentuk kebesaran Allah SWT.

Sementara itu di seberang jalan aspal, telah dibangun panggung alam yang semua bagiannya dari kayu. Panggung ini pun berada di tengah hutan pinus dan sering digunakan untuk acara sekolah alam.

Keunikan panggung alam pun menjadikannya sebagai spot foto favorit wisatawan. Kegiatan seperti foto pre wedding juga cukup sering dilakukan di panggung alam ini.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/20/191000127/hutan-pinus-mangunan-tempat-ngadem-nan-fotogenik-di-jogja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke