Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Wisata Paling Diminati di Purbalingga, Cocok untuk Libur Akhir Tahun

Ada yang memilih untuk menghabiskan libur dengan bersantai menikmati waktu berkualitas di rumah. Namun, ada pula yang memanfaatkan momen seperti ini untuk berwisata bersama orang-orang terkasih.

Jika Anda berada di Purbalingga, Jawa Tengah, ada beberapa lokasi wisata yang bisa dikunjungi.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Purbalingga, banyaknya wisatawan yang berkunjung mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Betul, kunjungan wisata meningkat. Tahun 2017 sebanyak 2,45 juta, target tahun ini 2,53 juta," kata Kepala Bidang Pariwisata Purbalingga, Prayitno, Jumat (21/12/2018).

Prayitno menjelaskan, saat ini pariwisata di Purbalingga terdiri dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata buatan.

Namun, kali ini Kompas.com akan membahas mengenai empat tempat wisata buatan yang paling diminati berdasarkan kumpulan data hingga Oktober 2018.

Tempat wisata ini menduduki peringkat pertama dari deretan wisata buatan yang ada di Purbalingga. Owabong berlokasi di Jalan Raya Owabong, Bojongsari, Purbalingga, Jawa Tengah.

Di sini pengunjung dapat menikmati wahana kolam ombak, kolam busa, kolam snorkling anak-anak, kolam snorkling dewasa, dan lainnya.

Tiket masuk cukup terjangkau, hingga 6 Januari 2019, dibanderol sebesar Rp 35.000. Pengunjung juga dapat menikmati kolam air hangat dengan membayar Rp 10.000. 

Tak hanya itu, di dalam tempat rekreasi ini juga terdapat arena untuk bermain go kart.

Hingga 13 Januari 2019, di Owabong terdapat festival of light, dancing fountain, dan taman lampion.

Jam operasionalnya pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk informasi lengkapnya dapat diakses di situs Owabong.

Sanggaluri Park masih masuk dalam kawasan Owabong Waterpark. Tempat rekreasi ini menampilkan aneka binatang reptil dari Indonesia maupun luar negeri.

Selain itu, terdapat berbagai jenis serangga, seperti kupu-kupu dan kumbang yang diawetkan.

Anak-anak Anda juga dapat belajar IPTEK, karena di Sanggaluri juga menampilkan berbagai macam koleksi seperti cermin yang hasilnya berubah-ubah ketika kita berkaca, bagaimana proses terjadinya puting beliung, terdapat pameran berbagai macam penghargaan, rekor MURI Indonesia, dan lainnya.

Anda juga dapat mengunjungi museum uang, museum wayang dan artefak, taman burung, rumah gempa, labirin, taman batu, dan taman sesat.

Tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 35.000. Jam operasional tempat rekreasi ini dimulai pukul 09.00 WIB, dan tutup pukul 17.00 WIB.

3. Kolam Renang Tirto Asri

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Walik, Kutasari, Purbalingga, Jawa Tengah.

Kolam renang ini berukuran 20x40 meter, dan terdapat kolam khusus anak-anak.

Dengan harga kurang dari Rp 15.000, pengunjung dapat menikmati air jernih langsung dari sumbernya tanpa bahan kimia tertentu.

TWP Purbasari Pancuran Mas terletak di Desa Purbayasa, Padamara, Purbalingga. Tempat wisata ini menjadi salah satu pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 dari Kementerian Pariwisata.

Di sini terdapat beberapa wahana seperti Toyoshuka Planet Aquarium, River World, Bird Park, Kolam Renang, Waterboom, Kraca Bungur Hall, dan Istana Burung.

Toyoshuka Planet Aquarium hampir mirip dengan Sea World yang ada di Ancol, Jakarta.

Wahana ini menampilkan pesona akuarium berbentuk bangunan berukuran 25 x 15 meter, dengan ketinggian 8 meter.

River World merupakan ikon dari TWP Pancuran Mas. Terdapat ikan Arapaima Gigas, ikan air tawar asli Amazone yang ukurannya dapat mencapai 4 meter

Bird Park menyuguhkan berbagai unggas atau burung. Terdapat lebih dari 75 jenis ditampilkan di sini.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/21/144540727/4-tempat-wisata-paling-diminati-di-purbalingga-cocok-untuk-libur-akhir-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke