Salin Artikel

Kuliner Pilihan di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Semarang hingga Solo

Wisata kuliner tidak hanya bisa dilakukan di kota tujuan wisata atau kampung halaman. Namun, kita juga bisa menjelajahi kekayaan kuliner Indonesia dalam perjalanan.

Kementerian Perhubungan membuat daftar sejumlah lokasi yang bisa dikunjungi untuk berwisata kuliner saat Anda melewati tol Trans Jawa.

Adapun, lokasi yang menjadi pilihan kali ini adalah wilayah Jawa Tengah, dari Batang hingga Solo. Berikut paparannya:

Batang

Masih di wilayah utara Jawa Tengah, Anda akan memasuki Kabupaten Batang sebelum Masuk kawasan Kota Semarang. Di Batang ini, ada sejumlah hidangan yang perlu dicoba.

Lontong Lemprak

Makanan disajikan dalam mangkok, mirip dengan nasi grombyang dari Pemalang. Satu yang terkenal adalah Lontong Lemprak Mbak Mur di Jalan Ahmad Yani Nomor 58, Bogoran, Kauman.

Semarang

Setelah perjalanan panjang melewati kota kabupaten kecil di bagian utara Jawa Tengah, tiba juga di Ibukota Provinsi yakni Semarang.

Di Kota Lumpia ini, Anda bisa mencicipi dua kuliner yangh terkenal dengan citarasanya, yakni sate gule kambing dan mangut welut (belut).

Sate dan gule kambing

Rumah makan Sate dan Gule Kambing 29 yang terletak di Jalan Letjen Suprapto Nomor 29, Purwodinatan, Semarang Tengah ini menyajikan aneka olahan kambing. Mulai dari sate, gule, dan sumsum kambing.

Warung ini cukup legendaris karena sudah dibuka sejak 1945. Selain itu, rumah makan yang selalu ramai dikunjungi pelanggan.

Mangut Welut

Harga per porsi dibanderol dengan harga Rp 15.000 dengan isi enam potongan belut masing-masing berukuran sekitar 5 cm. Bumbu rempah khas yang digunakan membuat siapa saja ketagihan.

Di kota kecil ini, Anda bisa sekedar beristirahat dan mengisi perut dengan beberapa pilihan makanan sebagai teman rehat setelah perjalanan panjang. Anda bisa mencoba makan sate kambing muda, camilan enting-enting, atau wedang ronde yang hangat.

Sate Kambing Muda Pak Masyhudi Blotongan

Sate Kambing Blotongan di warung Pak Masyhudi ini menggunakan daging kambing yang berusia di bawah 1 tahun. Sehingga, untuk urusan keempukan daging tidak perlu diragukan lagi.

Terlebih dengan celupan kecap asin dan ulekan garam juga bawang putih yang menambah gurih sate. Jika ingin mencicipi, sate ini bisa Anda beli di Jalan Fatmawati Nomor 98, Blotongan, Siderejo.

Wedang Ronde Jago Salatiga

Di tengah udara Salatiga yang sejuk, ada salah satu kudapan yang  bisa menghangatkann tubuh, yakni wedang ronde.

Wedang ronde biasanya banyak ditemui di beberapa daerah di Jawa Tengah. Semangkuk wedang ronde ini berisi bulatan aci, kacang goreng, kolang-kaling, agar-agar, potongan roti tawar, dan wedang jahe hangat.

Ada satu tempat minum ronde yang terkenal di Salatiga adalah Wedang Ronde Jago Salatiga yang sudah berdiri sejak 1964 yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 9, Kutowinangun Kidul, Tingkir.

Solo

Kota terakhir di Jawa Tengah yang akan Anda lewati adalah Kota Surakarta atau Solo. Kota ini menyimpan banyak kuliner khas dengan citarasa yang tidak perlu diragukan lagi. Misalnya adalah Sate Kambing Pak Manto, Sate Mbok Galak, dan Timlo.

Sate Kambing Pak Manto

Sate Kambing Pak Manto adalah satu tempat kuliner yang harus disinggahi. Di warung Pak Manto tidak hanya menjajakan sate, tapi juga gulai, sate lilit, tongseng, tengkleng, dan lain sebagainya yang semuanya berbahan dasar daging kambing.

Sate Kambing Pak Manto terletak di Jalan Honggowongso Nomor 36, Sriwedari, Laweyan dan buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00.

Warung ini terlihat selalu disesaki oleh pengunjung dan selalu mengepulkan asap hasil pembakaran sate dan proses memasak hidangan yang lain.

Warung Sate Mbok Galak

Jika umumnya sate dibuat dari potongan daging yang ditusukkan, di sini sate disajikan dengan potongan daging yang dicincang lalu dibungkus dengan lemak kambing, baru kemudian dibakar layaknya sate pada umumnya.

Warung Sate Mbok Galak terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro Nomor 112, Sumber, Banjarsari.

Timlo Solo

Terakhir adalah makanan berkuah, sejenis sop, yang merupakan khas Kota Solo. Namun, bedanya Timlo ini berisi mi soun, potongan sosis solo, telur, suwiran ayam, wortel, dan kadang ditambah dengan irisan ati ayam.

Salah satu timlo yang terkenal di Solo ada di Jalan Pasar Gede Timur No 1-2, balong yang buka setiap hari mulai pagi pukul 06.00 hingga sore pukul 15.30.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/22/063800727/kuliner-pilihan-di-jalur-mudik-trans-jawa-dari-semarang-hingga-solo-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.