Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KA Pariwisata Ditunjuk Kelola Lawang Sewu dan Museum KA Ambarawa

Dua aset yang dilimpahkan pengelolaannya yaitu Gedung Lawang Sewu di Kota Semarang, dan Museum KA Ambarawa di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang Yosita mengatakan, penunjukan KA Pariwisata atau Kawista dilakukan agar pengembangan destinasi wisata di dua aset bisa berkembang lebih cepat. Kawista akan melakukan perbaikan secara menyeluruh agar obyek wisata andalan Semarang itu makin digemari wisatawan.

“KAI menunjuk anak usaha, KA Pariwisata untuk kelola lebih lanjut. Saya yakin pelayanan akan semakin baik. Kalau dkelola secara fokus, pasti hasilnya jauh lebih baik,” ujar Yosita, di Gedung Lawang Sewu Semarang, Jumat (28/12/2018).

Total pengunjung di Lawang Sewu hingga Rabu (26/12/2018) lebih dari 1 juta wisatawan, atau tepatnya 1.022.693 wisatawan. Jumlah itu meningkat pesat ketimbang tahun 2012 sebanyak 121.696 orang, 2013 sebanyak 233.559 orang, 2014 sebanyak 483.068 orang.

Yosita menerangkan, ketika dipegang KA Pariwisata jumlah pengunjung ditargetkan bertambah pesat. Tahun 2019, ditargetkan kunjungan di dua aset wisata itu mencapai 2 juta kunjungan.

“Keberhasilan 1 juta pengunjung ini berkat kerja tim, selain kami rutin melakukan berbagai acara, tapi belum sesimpel kerja anak perusahaan. Kawista juga kelola tour dan travel, sehingga nanti bisa berkesinambungan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono menjelaskan, pihaknya siap untuk mengelola aset andalan Jawa Tengah itu. Ke depan, selain akan rutin menggelar event, juga akan ada atraksi untuk menyambut para wisatawan.

Selain itu, ruang-ruang besar di Lawang Sewu akan dimanfaatkan sebagai tempat untuk meeting room.

Untuk dua aset itu, Kawisata menargetkan target kunjungan hingga 2 juta orang, dengan 100 ribu diantaranya wisatawan mancanegara.

“Target saya tidak muluk-muluk, 2 juta wisatawan bisa diperoleh. Kami kelola wisata Lawang Sewu dan Museum Ambarawa, jadi destinasi paket wisata KA Pariwisata untuk turis domestik dan internasional,” pungkasnya.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/28/172000927/ka-pariwisata-ditunjuk-kelola-lawang-sewu-dan-museum-ka-ambarawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke