Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lokasi Wisata Pilihan di Jalur Trans Jawa, dari Ngawi hingga Pasuruan

Jika Anda berada di sekitar Jawa Timur, ada sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dijelajahi. Destinasi wisata itu kini mudah ditempuh dengan adanya tol Trans Jawa. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pun membuat daftar sejumlah lokasi wisata menarik untuk didatangi yang ada di jalur Trans Jawa.

Berikut daftarnya, dari Ngawi hingga Pasuruan.

Ngawi

Ngawi adalah sebuah kebupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di bagian barat. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Srambang Park

Destinasi ini berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Tak hanya menyajikan keindahan air terjun semata, Srambang Park juga memiliki pesona keindahan taman dan pemandangan hijau yang Instagramable.

Selain itu, fasilitas penunjang wisata di Srambang Park juga lengkap. Telah tersedia area parkir, warung makan, mushala, kaar mandi, dan toilet. Tiket masuknya juga cukup terjangkau, yakni Rp 15.000.

Kertosono

Kertosono adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Kecamatan ini terletak di bagian timur Kabupaten Nganjuk, berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jombang dan Kabupaten Kediri.

Air terjun Sedudo

Salah satu tempat wisata terkenal di Kertosono, yakni air terjun Sedudo. Obyek wisata ini menawarkan keindahan panorama alam dan sejuknya guyuran air.

Meski hanya ada wisata air terjun saja, hal inilah yang menarik pengunjung karena harganya yang ekonomi dan suasana pegunungan yang segar.

Selain itu, di lokasi wisata ini juga ada fasilitas ruang ganti, toilet, tempat istirahat, dan berbagai rumah makan serta toko cinderamata.

Surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut.

Selain itu, kota ini juga dijuluki sebagai Kota Pahlawan, tentu beberapa destinasi wisata sejarah juga bisa dikunjungi ketika liburan datang.

Tugu Pahlawan dan Monumen 10 November

Destinasi bersejarah inilah yang merekam semangat dan kisah bersejarah perjuangan warga Surabaya berperang melawan pasukan sekutu dan Belanda.

Lokasinya yang berada tepat di pusat kota membuatnya mudah diketahui dan mudah dijangkau.

Di tempat ini, pengunjung bisa menikmati ornamen-ornamen bersejarah seperti mobil Bung Tomo, makam pahlawan-pahlawan rakyat, monumen dan Museum 10 November.

Pasuruan

Kota Pasuruan berada di jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Bali. Adapun kota ini terletak 60 km sebelah tenggara Surabaya dan 355 km sebelah barat laut Kota Denpasar.

Di kota ini terdapat wisata alam, seperti Gunung Penanjakan dan Wisata Petik Kurma yang bisa disinggahi jika ingin berwisata di Pasuruan.

Gunung Penanjakan

Titik ini sering kali digunakan oleh masyarakat untuk berburu indahnya matahari terbit atau matahari terbenam.

Adapun tips-tips untuk berburu keindahan matahari, seperti persiapan dini hari, persiapan alat, antisipasi mabuk atau kondisi kesehatan badan, dan waktu kunjungan yang tepat.

Wisata petik kurma

Kabupaten Pasuruan memiliki tempat wisata baru dan layak menjadi rujukan wisatawan. Hal menarik, adanya tempat wisata unik bernama Wisata Petik Kurma.

Pengunjung bisa melihat langsung ratusan pohon kurma yang bisa berbuah di Indonesia. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk.

Selain menikmati pohon kurma, wisatawan juga bisa menikmati aneka olahan pohon kurma. Mulai dari minuman hingga makanan. Bahkan, bagi pencinta batik, ada juga batik bermotif kurma yang bisa Anda beli.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/29/102241027/lokasi-wisata-pilihan-di-jalur-trans-jawa-dari-ngawi-hingga-pasuruan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke