Salin Artikel

5 Pantai di Eropa yang Cocok untuk Tahun Baru 2019

KOMPAS.com – Wisata ke pantai untuk libur tahun baru 2019 memang lebih favorit jika dilakukan di negara tropis, atau ketika musim panas untuk wilayah dengan empat musim seperti Eropa.

Menurut perhitungan, Benua Eropa yang berada di belahan bumi bagian utara sedang mengalami musim dingin pada periode libur tahun baru 2019 ini.

Namun mereka yang berlibur ke Eropa lantas bukan berarti tidak bisa menikmati wisata pantai. Eropa tetap mempunyai pantai-pantai yang pas dikunjungi meski musim dingin melanda Benua Biru tersebut, antara lain 5 pantai berikut ini:

1. Papagayo Beach, Spanyol

Pantai Papagayo berlokasi di Kepulauan Canary, Spanyol atau sebelah barat Negara Maroko. Tak hanya di musim panas, pantai ini juga merupakan tujuan favorit wisatawan ketika musim dingin.

Hal itu disebabkan oleh sinar matahari yang cukup konstan sepanjang tahun. Ketika Bulan Desember pada periode libur tahun baru 2019, suhu di sini adalah sekitar 20 derajat celcius sehingga tidak terlalu dingin.

2. Zlatni Rat, Kroasia

Pantai yang merupakan destinasi wisata andalan Kroasia ini berada di pantai selatan Pulau Brac, wilayah Dalmatia. Pantai ini memang terkenal indah karena merupakan yang paling banyak difoto di Kroasia.

Pantai pasir putih yang menjorok ke Laut Mediterania ini dibatasi oleh hutan pinus khas Mediterania, rumah vila Romawi Kuno tersisa. Selain indah, angin di pantai ini menjadikannya sebagai salah satu tempat terbaik untuk peselancar.

Memang wilayah Pantai Zlatni Rat memiliki iklim sedang, tetapi musim dingin terkadang tidak dapat diduga. Meski demikian, Kroasia tetap menjadi tujuan wisata sepanjang tahun karena banyak acara besar yang digelar selama Natal dan tahun baru.

Pantai Balos, Kreta, Yunani

Kreta tak hanya menjadi pulau terbesar di Yunani. Pulau ini juga menjadi tempat terpanas karena lokasinya dekat dengan Benua Afrika. Periode tahun baru pun masih terasa begitu hangat di sini.

Tempat ini juga merupakan tujuan favorit untuk para pencinta pantai dengan panjang garis pantai mencapai 1.046 kilometer. Pantai ini dan laguna di Kissamos, Chania juga merupakan tempat paling indah di Pulau Kreta.

Terdapat kawasan alami yang dilindungi dengan sekitar 400 spesies tanaman. Diperkirakan 25 di antaranya adalah spesies asli Kreta.

Pulau ini juga merupakan salah satu ikon dari Negeri Para Dewa (julukan Yunani). Dahulu, di sinilah jantung dari peradaban paling kuno Eropa. Selain pantai, pulau ini juga menyimpan peninggalan sejarah seperti situs Minoa.

Scala dei Turchi, Sisilia, Italia

Selain terkenal akan pizza, Italia juga memiliki destinasi pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Scala dei Turchi atau jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris adalah Turkish Steps.

Pantai yang terletak di Sisilia ini memiliki latar belakang yang begitu menakjubkan. Alam telah mengukir garis pantai batu kapur menjadi semacam anak tangga alami yang mengarah ke birunya Laut Mediterania di bawahnya.

Pantai ini juga berlokasi di Agrigento, salah satu kota tertua di Sisilia yang terkenal sebagai Kota Kuil. Di sini banyak situs arsitektur bersejarah seperti Kuil Doric.

Wilayah ini memang paling panas sekitar Agustus. Namun perubahan cuaca tidak begitu drastis sepanjang tahun sehingga tetap pas dikunjungi ketika libur tahun baru 2019.

Pantai Oludeniz, Turki

Terletak di pesisir Turquoise, pantai laguna ini merupakan salah satu bentang alam favorit di Turki. Pantai ini dikelilingi oleh pergununga terjal dengan airnya yang biru jernih dan menakjubkan. Siapa pun pasti tak tahan untuk segera menceburkan diri di sini.

Kunjungan terbanyak di sini memang ketika musim panas. Namun mengunjunginya pada periode libut tahun baru 2019 membuat banyak spot yang bisa dinikmati di pantai ini.

Selain itu, sekitar lokasi Pantai Oludeniz juga merupakan salah satu tujuan utama di Turki untuk paralayang tandem.

https://travel.kompas.com/read/2018/12/30/150138627/5-pantai-di-eropa-yang-cocok-untuk-tahun-baru-2019

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.