Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenpar Rilis 10 Acara Unggulan Pariwisata Sepanjang 2019

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memetakan 10 acara yang menjadi unggulan pada tahun 2019 ini.

Penentuan tersebut berdasarkan pada empat standar, yaitu nilai kreativitas, nilai komersial, dan nilai komunikasi acara tersebut, serta komitmen kepala daerah mengembangkan pariwisata.

Dalam akun resmi Twitter Sekretariat Negara (Kemensetneg), penentuan ini diawali dengan pembentukan tim kurator acara yang bertugas melakukan penyeleksian event pariwisata dari seluruh dinas pariwisata di Indonesia.

Dengan pemetaan ini, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat.

Berikut sepuluh daftar acara atau Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia 2019 yang menjadi unggulan, berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata:

Tidak hanya memikat wisatawan lokal, Bintan Triathlon juga diikuti oleh turis luar negeri. Acara ini telah terlaksana sebanyak 12 kali dengan jumlah peserta 1.200 orang dari 39 negara.

Pantauan Kompas.com, registrasi acara ini sudah dapat dilakukan di situs resmi Bintan Triathlon.

Sebuah festival musik jazz terbesar, menyuguhkan berbagai genre musik berbalut jazz. Festival ini menampilkan pemula hingga para bintang yang tengah bersinar, serta para legenda musik jazz.

Tahun ini, Java Jazz menyiapkan sejumlah nama dari musisi internasional dan dalam negeri. Unggulan tahun ini adalah Toto.

Pembelian tiket sudah dapat dilakukan melalui situs resmi Java Jazz Festival yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu daily pass, three day pass, dan special show.

Acara yang dikoordinasi oleh JFC ini terlaksana kali pertama di Jakarta pada 18 Agustus 2019.

Adapun, acara ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dengan tempat yang berganti-ganti, disesuaikan dengan tema karnaval yang diangkat.

Karnaval Kemerdekaan akan menghimpun berbagai ragam karnaval di Indonesia.

Karnaval Asia Afrika merupakan acara yang menampilkan parade kostum terbaik dari negara Asia dan Afrika.

Festival tersebut bertujuan untuk memperingati konferensi negara-negara di Asia dan Afrika, mempromosikan kerja sama ekonomi, dan kebudayaan Asia Afrika melawan kolonialisme atau neokonolialisme.

Selain itu, juga bertujuan mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia.

Acara akan berlokasi di tempat yang sama dengan sebelumnya, yakni di Kompleks Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Acara lari bertaraf internasional ini menyuguhkan pesona alam di sekitar Candi Borobudur yang begitu kental dengan budayanya.

Budaya Jawa, Madura, Bali, Padalungan, dan Osing bercampur menjadi satu menjadi suatu ekspresi seni yang unik dan menarik.

Tak hanya itu, karnaval ini juga disertai alunan suara dan gerak Gandrung Sewu yang menjadi ikon Kabupaten Bayuwangi.

Karnaval dilaksanakan sepanjang jalan, sehingga orang-orang dapat menikmatinya.

Jember Fashion Carnaval merupakan sebuah festival yang terlaksana dijalanan sepanjang lebih dari tiga kilometer.

Karnaval ini diisi dengan beragam pameran fashion dan kebudayaan.

Sanur Village Festival merupakan sebuah pesta rakyat tahunan yang menarik minat wisatawan.

Acara ini berisikan gabungan dari berbagai kegiatan berskala besar yang menyangkut pameran ekonomi kreatif, makanan, atraksi seni budaya, musik, berbagai kontes dan lomba.

Acara yang dijadwalkan berlangsung pada 15 Juni-13 Juli 2019 tersebut diklaim menjadi festival seni tepanjangdan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia.

Acara ini melibatkan ribuan senimah dari seluruh penjuru Bali. Ditampilkan berjenjang melalui kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

F8 Makassar memadukan seluruh potensi kreatif, baik dari fashion, makanan, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora, fauna, dan film pada tradisi dan budaya lokal yang disajikan dalam satu panggung berlatar alam.

https://travel.kompas.com/read/2019/01/09/173744427/kemenpar-rilis-10-acara-unggulan-pariwisata-sepanjang-2019

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke