Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menpar Gaungkan Gerakan Selat Sunda Bangkit

"Kita di sini sepakat untuk menggaungkan Selat Sunda Bangkit. Silakan DAK (Dana Alokasi Khusus) sebanyak Rp 9 miliar untuk Banten dan Rp 33 miliar untuk Lampung digunakan untuk mempercepat 'recovery'," kata Menpar Arief Yahya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Kemenpar menggelar Rapat Koordinasi Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata Pasca Tsunami Selat Sunda di Hotel Marbella, Anyer, Banten, Jumat.

Rapat tersebut dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya sebagai pembicara kunci beserta jajarannya, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman, Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Rizky Handayani.

Berikutnya Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, serta stakeholder terkait pariwisata dan pejebat Kemenpar lainnya.

"Ada tiga tahap dalam mitigasi bencana yaitu tahap darurat selesai pada 9 Januari 2019, tahap rehabilitasi, dan tahap normalisasi. Tahap rehabilitasi seperti pemulihan SDM, pemasaran dan pemulihan destinasi," katanya.

Sementara itu, perbaikan jalan, air, listrik dan sebagainya dapat berkoordinasi dengan Kementerian terkait.

Selain itu untuk rumah-rumah penduduk yang hancur, bisa menggandeng OJK untuk memberikan keringanan bunga.

"Kita juga menyiapkan 20 event nasional dan 3 event internasional untuk pemulihan pemasaran," kata Arief.

"Cara meyakinkan orang untuk berwisata adalah dengan datang langsung. Saya sekarang datang ke sini untuk meyakinkan bahwa pariwisata di Banten dan Lampung sudah bisa dikunjungi. Image dalam hal seperti bencana ini adalah sangat penting," kata Arief Yahya.

Kemenpar berkomitmen penuh untuk kembali membangkitkan pariwisata Banten dan Lampung. Gubernur Lampung M Ridho Ficardo pun sangat mengapresiasi langkah tersebut.

"Kementerian Pariwisata sangat berkomitmen untuk membangun pariwisata Indonesia. Melalui acara ini, pariwisata kita sama-sama bisa kembali bangkit dan membuktikam bahwa sinergi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten kota sangatlah penting," ujar Ridho Ficardo.

"Banten memiliki berbagai potensi pariwisata seperti wisata bahari, wisata religi, wisata alam, cagar budaya, wisata industri, serta wisata mice. Untuk memajukan pembangunan pariwisata, Pemda Banten telah mempersiapkan SOP Mitigasi Bencana," kata Andika. (*)

https://travel.kompas.com/read/2019/01/12/150900727/menpar-gaungkan-gerakan-selat-sunda-bangkit

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke