Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serunya Kemping di Dekat Curug Sawer Situ Gunung

KOMPAS.com - Kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat memang tersohor dengan keindahan alamnya.

Wisatawan berduyun-duyun menyambangi obyek wisata ini apalagi setelah dibangun Situ Gunung Suspension Bridge atau jembatan gantung Situ Gunung yang disebut-sebut terpanjang di Indonesia.

Namun ternyata Situ Gunung tak hanya digunakan untuk berwisata. Situ Gunung memiliki tanah-tanah lapang yang memungkinkan digunakan untuk kemping.

Ada sekitar 5 camping ground yang tersedia dengan berbagai fasilitas yang cukup memadahi. Salah satu camping ground yang cukup diminati adalah di sekitar Curug Sawer.

Untuk kemping Anda harus terlebih dahulu membayar biaya masuk Rp 35.000 per orangnya. Namun jangan heran jika harga yang terpampang di loket pembayaran adalah Rp 29.000 per orangnya.

"Harga ini (Rp 29.000) untuk peserta camping lebih dari 30 orang. Tapi jika tak sampai 30 orang biayanya Rp 35.000," terang petugas loket.

Ada dua cara menuju camping ground. Cara pertama adalah berjalan memutar ke arah Curug Sawer. Kemudian cara kedua adalah memotong jalan melalui jembatan gantung. Namun untuk melewati jalan pintas ini Anda harus membayar kembali biaya sebesar Rp 50.000 per orangnya.

Beberapa waktu yang lalu Kompas.com mencoba dua cara menuju camping ground yang kami pilih, yaitu di dekat Curug Sawer.

Tanpa melalui jembatan, perjalanan dari gerbang masuk menuju lokasi kemah sekitar 3 kilometer dengan medan berupa jalanan berbatu yang membentuk tanjakan dan turunan.

Perjalanan dengan rute memutar ini akan cukup melelahkan, apalagi jika Anda membawa perlengkapan kemping cukup banyak.

Namun tenang saja, di sejumlah titik Anda akan menemui pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Sehingga Anda tak perlu takut kehabisan "amunisi" untuk melanjutkan perjalanan. Lama perjalanan melalui jalur ini sekitar satu jam.

Sedangkan jika memilih melalui jembatan, Anda cukup menempuh perjalanan sekitar 1,7 kilometer saja dengan medan yang tak terlalu sulit. Sehingga Anda hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja jika melalui jalur ini.

Sampai di camping ground Anda harus memastikan bahwa lokasi yang akan Anda gunakan untuk kemping belum dipesan oleh pengunjung lain.

Biasanya akan ada petugas yang akan membantu Anda mendapatkan tempat kemping terbaik.

Di camping ground yang terletak di sekitar Curug Sawer, fasilitasnya cukup lengkap.

Anda akan dengan mudah menemukan toilet yang bersih, kantin, dan sumber listrik. Meski demikian suasana alami masih tetap dapat Anda rasakan di lokasi itu.

https://travel.kompas.com/read/2019/01/14/150700827/serunya-kemping-di-dekat-curug-sawer-situ-gunung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke