Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Direnovasi, Wisata Batu Seribu Sukoharjo Segera Bangkit Kembali

Bagi masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya, kolam renang di antara pepohonan dengan sumber air dari dalam bumi bisa didapatkan dengan mudah di obyek wisata Baru Seribu.

Bagi sebagian orang, nama destinasi ini mungkin tidak asing lagi karena memang sudah ada sekitar kurang-lebih 30 tahun. Selain itu, Batu Seribu juga pernah berjaya sekitar tahun 90-an sampai awal tahun 2000.

Wisata Batu Seribu berlokasi di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Lokasinya ada di kaki Gunung Gajah Mungkur dan dekat dengan wisata hitz Sukoharjo lainnya, Gunung Sepikul.

Namun belakangan ini, destinasi yang menawarkan kesegaran kolam renang di tengah alam itu seolah terlupakan. Hal itu dikarenakan kondisinya yang kurang terawat dan membutuhkan perbaikan sehingga tidak lagi menjadi daya tarik wisatawan.

Kembali Cantik

Kini Batu Seribu seolah siap untuk bangkit kembali menjadi destinasi yang mampu menarik minat wisatawan. Destinasi ini mulai direnovasi yang pengerjaannya dimulai sejak akhir September 2018 lalu.

Tahap renovasi pertama adalah di kawasan utama Batu Seribu, yakni area kolam renang. Menurut pengamatan Kompas.com, Sabtu (26/1/2019), perbaikan sudah mulai tampak sejak area parkir bagian atas.

Pintu masuk yang unik berbentuk kadal raksasa telah diperbaiki dan dicat sehingga terlihat menarik. Jalan masuk ke Wisata Batu Seribu adalah lewat mulut patung kadal itu.

Jalan setapak menuju kolam renang juga turut diperbaiki dengan tambahan ornamen gerbang berbentuk gunungan wayang berwa-warni yang instagramable. Di samping jalan utama juga sudah ditambahkan panggung untuk pertunjukan dan tempat berkumpul.

Renovasi juga dilakukan di area kolam renang yang lantainya dibuat lebih cerah dan bersih. Di kolam renang dewasa paling atas juga sudah dibangun tribun yang bisa digunakan untuk beristirahat dan duduk-duduk.

Kamar mandi, toilet dan ruang ganti pun telah diperbaiki total. Kini selain bangunannya baru dengan warna yang cerah, jumlahnya juga ditambah untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Kolam renang kedua dan ketiga untuk anak-anak tidak luput dari perbaikan. Selain dipercantik, gazebo-gazebo berwarna cerah turut hadir di sekeliling kolam.

Saat ini proyek renovasi Wisata Batu Seribu sudah selesai. Pelaksana proyek hanya tinggal menyelesaikan finishing, salah satunya adalah pembuatan pagar.

Wisata Batu Seribu ditutup untuk pengunjung selama proses renovasi. Rencananya dalam waktu dekat, destinasi wisata ini akan kembali dibuka untuk umum ketika renovasi tahap satu selesai dilakukan.

Perbaikan Berlanjut

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukoharjo, Darno saat ditemui di kantornya, Senin (28/1/2019) mengatakan, perbaikan juga akan dilakukan pada akses jalan menuju Wisata Batu Seribu.

“Kita sudah komunikasi dengan pak bupati. Dalam waktu dekat nanti dianggarkan. Jalan itu paling tidak lebarnya enam meter,” ujar dia.

Darno menambahkan, akses jalan saat ini masih sempit dan berbahaya. Mobil pribadi pun jika sopirnya tidak andal, juga tidak akan berani. Jika jalan memiliki lebar enam meter, maka bus kecil bisa dengan mudah melewatinya.

Selain itu, kawasan luar Batu Seribu juga akan direnovasi. Kawasan yang merupakan tempat outbond dan taman bermain anak ini selain akan diperbaiki juga rencananya akan ditambahkan satwa untuk sarana edukasi anak.

https://travel.kompas.com/read/2019/01/29/141500527/direnovasi-wisata-batu-seribu-sukoharjo-segera-bangkit-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke