Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun 2019, Banyuwangi Bakal Selenggarakan 99 Festival

Pemerintah daerah Banyuwangi juga telah meluncurkan kalender pelaksanaan ke-99 event tersebut. Ke-99 event selama satu tahun penuh di Banyuwangi ini terdiri atas 28 event sport, 17 event musik, 16 event kuliner & inovasi, 30 event religi, dan 8 event digital dan milenial.

Adapun 3 event budaya Banyuwangi diantaranya masuk dalam 100 Events Wonderful Indonesia. Tiga event tersebut antara lain Banyuwangi Ethno Carnival, International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas memastikan Majestic Banyuwangi Festival tahun ini lebih terencana dengan melibatkan berbagai pihak untuk berkolaborasi.

"Kami bekerjasama dengan para start up untuk menggelar event-event ini. Ada event namanya Santripreneur. Kami melihat banyak santri yang punya kemampuan entepreneur. Jadi kami kerjasama dengan Gojek, Ovo, Warung Pintar dan sebagainya," ujar Azwar di Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa malam (29/1/2019).

Tak hanya itu, lanjutnya, berbagai kegiatan yang ditujukan untuk para generasi milenial pun akan dihadirkan.

"Nanti ada festival film pendek, ada woman cycling yang finishnya di Kampung Coklat dan sebagainya," tuturnya.

Ia berharap Majestic Banyuwangi Festival tahun ini tak hanya mampu meningkatkan perekonomian Banyuwangi, tetapi juga dapat menciptakan Banyuwangi yang ramah, bersih, dan bersahaja.

Kalender Majestic Banyuwangi Festival 2019 ini diresmikan oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya. Ia berharap event wisata semacam ini semakin meningkat kualitasnya setiap tahunnya.

“Peluncuran Calender of Event dengan tema ‘Majestic Banyuwangi Festival 2019’ sangat tepat karena tahun lalu Banyuwangi oleh Kementerian Pariwisata telah ditetapkan sebagai kota festival terbaik di Indonesia,” kata Arief.

Menurut Arif, penetapan Banyuwangi sebagai kota festival terbaik dilakukan karena pertumbuhan event di Banyuwangi sangat pesat dan melibatkan seluruh potensi masyarakat sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarat Banyuwangi.

“Tahun 2012, Banyuwangi baru memiliki 12 event, tahun 2018 lalu melonjak 75 event, dan tahun ini menjadi 99 event. Semua event ini melibat seluruh potensi masyarakat Banyuwangi,” lanjutnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/01/29/210000027/tahun-2019-banyuwangi-bakal-selenggarakan-99-festival

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke