Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tempat Baru Melihat Dubai dari Ketinggian

Dubai Frame terbilang anyar. Gedung ini rampung dan diresmikan pada 1 Januari 2018 dengan lokasi unik, berada di perbatasan antara Old Dubai dan New Dubai. Bagian kanan dan kiri gedung ini diisi elevator, sementara bagian tengah-atas merupakan dek observatori dengan lantai kaca.

KompasTravel menyambangi Dubai Frame pada Jumat (25/1/2019). Pada hari libur ini, pengunjung Dubai Frame cukup padat. Dubai sendiri merupakan kota dengan populasi imigran lebih banyak dibanding warga lokal. Tak heran wajah dari beragam etnis memenuhi Dubai Frame hari itu.

Perjalanan dari Old Dubai

Pengunjung yang masuk tak langsung naik elevator menuju dek observatori. Anda akan diajak melintasi ruangan dengan diorama dan informasi seputar Old Dubai, serta Dubai pada masa lampau.

Pembangunan Dubai baru terasa sejak tahun 1970-an. Sebelum itu, Dubai layaknya kota-kota lain di Timur Tengah dengan hamparan gurun pasir dan wangi rempah. Kini, gurun pasir perlahan tergusur oleh gedung-gedung pencakar langit serta fasilitas umum layaknya kota metropolis.

Sepanjang kaca bagian kanan, Anda dihadapkan dengan New Dubai di mana pusat bisnis, gedung-gedung pencakar langit, taman-taman kota nan hijau dan penuh bunga terhampar sepanjang mata memandang.

Sementara pada kaca bagian kiri, pemandangan cukup kontras terlihat. Gedung-gedung persegi dengan cat warna pucat, blok-blok gedung yang tampak monoton, dengan lalu-lalang kendaraan layaknya miniatur kota.

Di sanalah, Old Dubai, mayoritas penduduk Dubai tinggal. Kebanyakan pekerja datang dari India, negara-negara Asia Selatan lainnya, juga Filipina.

Berada di puncak Dubai Frame seperti menjadi saksi hidup dinamisme teknologi pembangunan: from nothing to something, dari tanah gersang yang kering sampai titik tertinggi Burj Khalifa yang tampak dari kejauhan.

Tiket masuk Dubai Frame dibanderol 50 Dirham (Rp 191.000) untuk dewasa dan 30 Dirham (Rp 153.000) untuk anak-anak. Dubai Frame buka setiap hari, termasuk hari libur dan akhir pekan.

Panorama Dubai dari ketinggian sangat cocok diabadikan dalam smartphone. Kompas.com dan OPPO tengah mengeksplorasi Dubai dalam “The Urban Explorer”. Menggunakan perangkat teranyar Oppo R17 Pro, kami merekam gemerlap Kota Dubai dan beragam atraksinya. Simak terus perjalanan The Dubai Explorer!

https://travel.kompas.com/read/2019/01/31/125700527/ini-tempat-baru-melihat-dubai-dari-ketinggian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke