Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menikmati Kesejukan Gunung Gede

Untuk mengunjungi Gunung Gede, bisa melalui sisi barat atau dari Bantul, menuju Kecamatan Dlingo ke arah Kecamatan Playen. Setelah melewati jembatan, dan tanjakan ada di sisi kiri.

Jika pengunjung dari Wonosari bisa menuju ke Kecamatan Dlingo melalui Kecamatan Playen. Akses jalannya cukup mudah karena merupakan jalan provinsi.

Sesampainya di lokasi wisatawan akan disajikan dengan pemandangan pepohonan yang hijau dan asri dari atas ketinggian. Untuk mencapai spot tersebut, pengunjung harus melewati jembatan dari bambu sepanjang puluhan meter. Jika cuaca cerah di sisi utara bisa menyaksikan Gunung Merapi.

"Dulu sebelum dikembangkan jadi wisata, lokasi di sini digunakan warga untuk menyaksikan Merapi. Apalagi pas erupsi seperti saat ini," kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Gede, Sukardi, kepada wartawan, Minggu (3/2/2019).

Mata pengunjung akan dimanjakan pemandangan alam berupa perbukitan nan asri dari puncak Gunung Gede. Jika menyaksikan arah barat, bisa melihat kelokan jalan Dlingo-Playen yang indah.

"Pemandangan yang disajikan di sini, baik sunset dan sunrise terlihat. Kalau pagi juga di sini aka nada kabut, jadi seperti ada diatas kabut," ucapnya.

Untuk masuk, wisatawan hanya perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan untuk mobil sebesar Rp 5.000. Saat ini sendiri sejumlah fasilitas, selain spot foto juga sudah ada gazebo, toilet, mushola. "Ke depan akan dikembangkan kuliner khas di sini," kata Sukardi.

Mengurangi Pengagguran Pemuda Desa

Sukardi mengungkapkan kendala yang dihadapi dalam pengembangan obyek wisata ini yaitu minimnya anggaran dan jumlah pengelola yang masih sedikit, sekitar 20 orang.

"Semua kami kembangkan sendiri, belum ada bantuan dari pemerintah. Jadi hasil uang dari parkir untuk menambah fasilitas sedikit demi sedikit," ucapnya.

Setiap akhir pekan, ratusan pengunjung memadati lokasi Gardu Pandang Puncak Gunung Gede buka sejak pukul 05.30 WIB hingga pukul 17.30 WIB.

"Pengunjungnya kalau akhir pekan lumayan, bisa ratusan orang. Kami masih terus berupaya mempromosikan agar meningkat," ujarnya.

Salah seorang wisatawan, Wisang mengaku sengaja datang ke lokasi untuk melepaskan penat. Kebetulan dirinya setiap akhir pekan melewati lokasi tersebut. "Lokasinya cukup baik untuk melepaskan kepenatan, sejuk. Memang fasilititasnya belum lengkap tetapi lumayan," katanya.

"Semoga ke depan ditingkatkan, ada kulinernya yang khas warga di sini, jadi bisa menikmati pemandangan sambil jajan," tambahnya.

https://travel.kompas.com/read/2019/02/04/091400827/menikmati-kesejukan-gunung-gede

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke