Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anafiotika, Desa Mirip Santorini di Tengah Kota Athena, Yunani

Rumah-rumah putih di kawasan Anafiotika dibangun persis dengan gaya arsitektur rumah-rumah di pulau sehingga menghadirkan nuansa pulau di tengah kota Athena.

Di kaki bukit Akropolis terletak kawasan Anafiotika yang semakin hari semakin populer. Turis yang sedang mengunjungi Athena hampir selalu menyempatkan waktu untuk mengintip keunikan Anafiotika.

Jalanan di Anafiotika pun unik, berupa jalur sempit yang hanya bisa dilalui satu orang. Ukuran jalan yang sempit membuat tak ada mobil yang lewat kawasan ini.

Pemukiman Anafiotika yang memiliki nuansa seperti perumahan di pulau eksotis Yunani ini mampu menarik kunjungan banyak turis setiap hari.

Meski sangat instagrammable, Anafiotika merupakan pemukiman asli penduduk Athena. Bukan kawasan yang sengaja dibangun demi menarik kunjungan turis. Penduduk Anafiotika telah tinggal di kawasan ini sejak lama.

Mereka adalah orang-orang dari kepulauan Cyclades yang datang ke Athena untuk bekerja sebagai tukang bangunan proyek perbaikan istana raja Otto.

Karena tak mampu membeli rumah di pusat kota Athena, akhirnya mereka membangun rumah di kaki bukit Akropolis yang tandus. Rumah dibangun dengan gaya arsitektur persis seperti di pulau.

Anafiotika terletak berdekatan dengan Plaka, sebuah kawasan tua bersejarah di Athena yang kini menjadi spot hang out favorit para turis dan warga Athena. Plaka dipenuhi oleh kafe dan restoran yang menyajikan makanan khas Yunani serta kopi turki.

Selain itu banyak pula deretan toko yang menjual oleh-oleh khas Yunani seperti buah zaitun, kosmetik zaitun, dan blue evil eye.

Makanya gak heran kalau di Plaka, yang dulunya dijuluki sebagai "Turkish quarter of Athens" saya bisa menemukan berbagai cenderamata khas Turki seperti set teko teh turki. (DADA SABRA SATHILLA)

https://travel.kompas.com/read/2019/02/06/110800027/anafiotika-desa-mirip-santorini-di-tengah-kota-athena-yunani

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke