Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Alasan Semakin Banyak Orang Indonesia ke Singapura pada 2018

Jumlah tersebut tergolong sangat tinggi karena wisatawan Indonesia berada di peringkat ke dua paling banyak di Singapura, membuntuti wisatawan China dengan jumlah kunjungan 3,42 juta wisawatan.

Bahkan jika dibanding 2017, jumlah kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura naik dua persen.

Rupiah yang sempat melemah tidak menyurutkan kunjungan dan biaya belanja wisatawan Indonesia. Pengeluaran wisatawan Indonesia selama di Singapura naik delapan persen dibanding tahun sebelum.

Mengapa Banyak Orang Indonesia ke Singapura?

"Pasar Indonesia masih tetap kuat di 2018 di tengah nilai tukar rupiah yang sempat bergejolak. Meskipun mata uang tupiah melemah namun kami senang dengan masih tumbuhnya belanja para wisatawan Indonesia," kata Direktur Area STB untuk Indonesia, Raymond Lim dalam acara media gathering di Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (14/2/2019).

Menurut Lim, hal ini sesuai dengan strategi STB dalam mengejar pariwisata berkualitas dan menegaskan kembali tentang masih kuatnya daya tarik Singapura sebagai salah satu tujuan utama perjalanan luar negeri bagi warga Indonesia.

Sadar akan daya tarik Singapura sebagai destinasi luar negeri incaran orang Indonesia, STB fokus ke pasar di luar Jakarta.

Caranya membuka kantor regional kedua di Surabaya pada akhir 2017 dan ternyata cara ini berhasil mendulang pertumbuhan kunjungan wisatawan Indonesia ke Singapura.

Selain itu disebutkan bahwa pada 2018 jumlah penumpang kapal pesiar dari Indonesia memberi kontribusi yang signifikan.

Jumlah penumpang kapal pesiar dari Indonesia pada 2018 mengalami kenaikan 69 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2018 Singapura dinobatkan sebagai tujuan wisata ramah Muslim berdasarkan Mastercard-CrescentRating Global Muslim Travel Index.

Juga masih di 2018, STB menargetkan wisatawan milenial dengan meluncurkan kampanye global Passion Made Possible.

Tahun ini, STB menyebutkan akan berupaya menjaga pertumbuhan yang kuat dari belanja wisatawan Indonesia dan pertumbuhan yang cukup dari kunjungan wisatawan Indonesia.

Dengan cara menghadirkan destinasi baru dan acara yang dapat menarik wisatawan. Contohnya kompleks gaya hidup multiguna Jewel Changi Airport dan kawan belanja Design Orchard.

Juga memanfaatkan pertumbuhan olahraga Esport, promosi beragam tur halan kaki, dan bekerja sama dengan e-commerce di Indonesia.

https://travel.kompas.com/read/2019/02/15/100600827/ini-alasan-semakin-banyak-orang-indonesia-ke-singapura-pada-2018

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke