Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Destinasi Wisata Tepi Laut di Jember yang Bisa Dikunjungi

Jika sedang berkunjung ke kabupaten yang hari jadinya diperingati setiap 1 Januari ini, berikut 5 destinasi wisata tepi laut yang bisa dikunjungi:

Memang Pantai Payangan memiliki pasir berwarna hitam. Namun hal itu tidak mengurangi keindahan yang tersaji di sini. Justru perpaduan pasir berwarna hitam dengan birunya air laut dan langit, serta putihnya ombak tampak begitu serasi.

Keindahan Pantai Payangan juga tidak lepas dari bentang barisan perbukitan yang berdiri di sekelilingnya. Khususnya di sisi timur, perbukitan kawasan Taman Nasional Meru Betiri tampak begitu menawan.

Lokasi Pantai Watu Ulo ada di sisi barat Pantai Payangan. Jika dilihat dari Payangan, Pantai Watu Ulo berada di ujung barat cekungan besar berpasir hitam. Jika kuat berjalan, Pantai Ulo bisa langsung dijangkau dari Payangan dengan mengikuti garis pantainya ke barat.

Memandang sisi timur dari Pantai Watu Ulo menyajikan panorama cekungan besar yang melengkung sampai Payangan dengan garis pantai berwarna hitam. Pemandangan semakin indah dengan latar belakang barisan perbukitan di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

Satu hal yang menjadikan Pantai Watu Ulo unik dan spesial adalah adanya batu memanjang yang mirip ular raksasa. Fenomena itu menjadi latar belakang penamaan Watu Ulo yang berarti batu ular.

Kisah legenda pun turut membuat Pantai Watu Ulo semakin unik. Konon batu ini adalah bagian tubuh naga jahat bernama Nogo Rojo yang dikalahkan oleh Raden Mursodo. Dikisahkan bagian kepala naga ini ada di Banyuwangi, sementara ekornya ada di Pacitan.

Bukit tepi laut yang satu ini sebenarnya masih ada di kawasan Pantai Payangan. Lokasi bukit ini ada di bagian tengah Pantai Payangan. Meski tidak terlalu tinggi, berada di atas Bukit Samboja akan menawarkan panorama yang spektakuler.

Kawasan Pantai Payangan terlihat begitu indah dari Bukit Samboja ini. Ketika sampai puncak, maka pemandangan ke segala arah akan terlihat dengan jelas. Garis pantai yang panjang ke arah barat dan timur tampak begitu syahdu dan menawan dari puncak bukit ini.

Pemandangan ke arah laut lepas juga begitu memesona. Selain laut biru, di ujung barat daya Pulau Nusa Barung turut menampakkan dirinya. Bukit Samboja juga merupakan salah satu tempat terbaik menyaksikan keindahan surise dan sunset.

Pasir putih menjadi salah satu keunggulan Tanjung Papuma. Inilah destinasi yang dikunjungi oleh masyarakat Jember dan sekitarnya jika ingin menikmati keindahan pantai berpasir putih tanpa harus jauh-jauh pergi ke Bali atau Gunungkidul.

Selain itu, panorama indah Tanjung Papuma juga seakan mampu membuat sejenak lupa diri jika destinasi itu masih ada di Jember. Keindahan dan suasananya sekilas mirip dengan pantai-pantai di Nusa Tenggara yang begitu memesona.

Teluk Love bersebelahan dengan Pantai Payangan. Namun tempat paling bagus untuk menikmatinya adalah di Bukit Suroyo. Letak bukit itu masih ada di kawasan Pantai Payangan.

Nantinya bentuk hati Teluk Love akan terlihat jelas dari Bukit Suroyo. Keindahannya semakin mencuat dengan semilir angin dan panorama gugusan karang, serta latar belakang menawan seperti langit biru, awan putih, hingga barisan perbukitan Taman Nasional Meru Betiri.

https://travel.kompas.com/read/2019/02/20/111200127/5-destinasi-wisata-tepi-laut-di-jember-yang-bisa-dikunjungi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke