Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asita Papua Beri Masukan untuk Festival Lembah Baliem 2019

"Kami khawatir (kunjungan wisman) akan turun karena tahun lalu banyak turis agak kecewa dengan penyelenggaraan FLB. Asita akan bertemu dengan Pemda setempat untuk memberi masukan supaya turis yang sudah jauh-jauh datang tidak kecewa," ujar ketua Asita Papua, Iwanta Parangin-Angin, di Jayapura, Selasa (26/2/2019).

Ia menekankan bahwa FLB yang diselenggarakan di Kabupaten Jayawijaya sudah menjadi kegiatan pariwisata kelas internasional yang selalu dipadati oleh turis asing sehingga kualitasnya harus dijaga.

Menurut dia pemda setempat dan pihak-pihak terkait harus serius melakukan evaluasi atas kekurangan yang ada di FLB 2018 sehingga semakin banyak turis yang datang.

Terlebih dari penyelenggaraan tersebut berdampak langsung terhadap perekonomian masyarakat setempat. Bila jumlah kunjungan wisatawan turun maka pendapatan masyarakat akan turun.

Iwanta mengungkapkan sudah ada beberapa calon wisatawan asing yang menyatakan tertarik ingin datang ke FLB 2019, namun mereka terkejut dengan tingginya harga tiket penerbangan dari Jakarta ke Jayapura.

Hanya saja ia meyakini bila hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan ke FLB 2019 karena sebagian besar yang hadir merupakan wisatawan asing.

"Sampai saat ini saya pribadi sudah 18 turis yang sudah pasti datang ke FLB 2019, mungkin kepastian yang lain pada Maret," kata Iwanta.

https://travel.kompas.com/read/2019/02/27/091400127/asita-papua-beri-masukan-untuk-festival-lembah-baliem-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke