Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Panduan Menuju Museum Damkar TMII dengan Transportasi Umum

KOMPAS.com – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta telah membangun Museum Pemadam Kebakaran pada1 Maret 2015 di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tak hanya sebagai museum pertama, hingga saat ini museum tersebut juga disebut sebagai satu-satunya museum pemadam kebakaran di Indonesia.

Museum ini terletak di dekat pintu TMII dan menjadi satu dengan Pos Pemadam Kebakaran Sektor 9 Taman Mini Indonesia Indah yang aktif beroperasi.

Kemarin, Jumat (1/3/2019) Kompas.com berkesempatan menyambangi museum Damkar tersebut dengan transportasi umum. Untuk menuju museum, Anda harus menuju pintu masuk TMII terlebih dahulu.

Kompas.com menggunakan Transjakarta. Halte terdekat dari TMII adalah Halte Taman Mini Garuda. Anda dapat berhenti di pintu 1 TMII untuk melanjutkan perjalanan menuju Museum Damkar TMII.

Tak hanya Transjakarta, ada sejumlah rute KWK yang melintasi TMII, diantaranya KWK S 15A rute Ragunan - Taman Mini/Pinang Ranti, KWK T 01 rute Cililitan - Setu, dan KWK T 02 rute Cililitan - Cilangkap/Cipayung.

Anda juga dapat menggunakan Commuter Line atau KRL. Stasiun terdekat dari TMII adalah Stasiun Pasar Minggu. Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan KWK maupun ojek online menuju pintu gerbang TMII.

Kami tak dikenakan biaya untuk dapat masuk ke dalam museum. Kami hanya perlu membayar tiket masuk kawasan TMII sebesar Rp 20.000.

Untuk menuju museum dari pintu gerbang TMII kami menumpang kereta kelinci yang biasa digunakan pengunjung TMII untuk berkeliling kawasan. Tarifnya Rp 10.000 per orang. Anda juga dapat menyewa sepeda dengan tarif Rp 15.000 per jam atau ojek pangkalan dengan tarif Rp 15.000.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/02/071100027/panduan-menuju-museum-damkar-tmii-dengan-transportasi-umum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke