Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berlibur ke NTT, Jangan Lupa ke Atambua!

Pasalnya, Atambua memiliki destinasi alam dengan pilihan yang beragam. Mulai dari pesisir pantai, hamparan sabana yang indah hingga suasana pegunungan nan asri mampu membuat siapapun terpesona.

Teruntuk wisata bahari, di Atambua terdapat pantai pasir putih Atapupu. Pantai yang berada di Kenebi ini memiliki pasir putih yang lembut serta dipercantik dengan deretan hutan manggove. Akan semakin indah jika bersamaan dengan momen sunset tiba.

Selain itu, Atambua juga turut menyimpan pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai Atatupu. Sebut saja pantai Berluli, pantai Mota’ain dan Teluk Gurita atau biasa dikenal Kuit Namon.

Khusus Teluk Gurita, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Rizki Handayani menjelaskan jika destinasi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

“Bicara Teluk Gurita, teluk ini dahulu menjadi pelabuhan. Pedagang dari Eropa dan Asia banyak berlabuh di sini. Mereka mencari cendana dan lilin, ucap Rizki sesuai dengan keterangan resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (2/3/2019).

Wisata sejarah di NTT lainnya ada di Desa Dirun. Di sini terdapat Benteng Ranu Hitu yang dikenal sebagai Benteng Lapis Tujuh Makes.

Benteng ini memiliki susunan bangku batu yang konon menjadi singgasana Raja Suku Uma Metan pada abad 18. Adapun batu memanjang di belakang singgasana diyakini makam Raja Pertama Kerajaan Dirun.

Desa Dirun masih menyediakan destinasi lainnya yang patut dikunjungi. Salah satunya bentangan Lembah Fulan Fehan yang rumputnya terhampar hijau. Di sini ada kawanan kuda yang bebas berkeliaran.

“Selain eksotis, lembah ini menjadi venue Festival Fulan Fehan. Festival ini menyajikan Tari Likurai secara massal,” Lanjut Rizky.

Destinasi di sekitar Atambua semakin lengkap dengan adanya spot Kolam Susuk di Raiulun yang konon menjadi inspirasi lagu Koes Plus berjudul ‘Kolam Susu’.

Nah menyinggung musik, uniknya, pada 8-9 maret nanti akan digelar Konser Musik Perbatasan Atambua (KMPA) 2019 yang berlokasi di Lapangan Simpang Lima.

Konser tersebut akan menampilkan d’Masiv sebagai performa utama dan dipadukan dengan alunan musik penyanyi Timor Leste Gerson Oliveira.

Dengan hadirnya KMPA 2019 ini, lanjut Rizky, akan semakin membuat kunjungan ke NTT semakin semarak dan sulit untuk dilupakan.

“KMPA 2019 adalah event yang luar biasa. Cocok untuk mengisi waktu berlibur. Ada beragam atraksi yang ditawarkan di sini,”tutup Rizky.


https://travel.kompas.com/read/2019/03/02/142109627/berlibur-ke-ntt-jangan-lupa-ke-atambua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke