Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Blusukan di Pasar Gede Solo, Nikmati Kesegaran Es Dawet Telasih

SURAKARTA, KOMPAS.com – Pasar Gede saat ini memang menjadi ikon Kota Solo. Pasar yang dibangun tahun 1930 itu merupakan salah satu yang terbesar di Kota Bengawan (Julukan Kota Solo).

Sebagai pusat perbelanjaan tradisional, berbagai kebutuhan pokok bisa didapatkan di sini. Namun tak sekadar kebutuhan pokok sehari-hari, di Pasar Gede juga terdapat aneka jajanan tradisional khas Solo.

Meski di hari yang panas, berkunjung ke Pasar Gede merupakan saat yang tepat. Bahkan hari yang panas malah menjadi saat terbaik untuk menikmati kesegaran minuman legendaris khas Solo, yakni es dawet telasih.

Minuman pengusir dahaga ini bisa ditemukan dengan mudah di dalam Pasar Gede. Cukup berjalan beberapa saat dari pintu masuk, akan ditemukan penjual es dawet telasih.

Nikmatnya Es Dawet Telasih

Es dawet memang bisa ditemukan di banyak tempat. Dawet pun juga berasal dari wilayah berbeda. Salah satu yang terkenal adalah dawet Banjarnegara. Namun es dawet telasih tetap menyajikan cita rasa dan keunikan berbeda dari dawet-dawet lainnya.

Memang sebagai dawet, minuman ini tetap menggunakan campuran dawet, santan, dan gula jawa sebagai pemanis seperti lainnya. Namun bahan-bahan tambahan lain yang digunakan menjadikannya unik dan berbeda.

Telasih yang disematkan pada es dawet ini dikarenakan adanya bahan dari tanaman selasih. Bahan ini terlihat semacam bintik-bintik hitam yang melayang di air santan. Selasih yang ikut terminum ketika menyeruput santan memunculkan sensasi yang berbeda.

Tak cukup dengan menambahkan selasih, es dawet ini juga menambahkan bahan lain untuk semakin mewarnai cita rasanya. Bahan lain yang ditambahkan itu adalah bubur.

Bubur yang turut ditambahkan juga tidak hanya satu jenis. Biasanya penjual akan menambahkan bubur sumsum dan bubur mutiara. Rasa gurih bubur sumsum dan manisnya bubur mutiara jelas semakin mewarnai cita rasa di lidah saat disantap dengan kuah santan serta manisnya gula jawa.

Harga es dawet telasih di Pasar Gede hanya Rp 8.000 saja satu porsi. Namun jika ingin membeli, siapkan uang Rp 16.000. Hanya membeli satu porsi kemungkinan akan kurang puas karena segar dan lezatnya minuman legendaris ini seolah membuat ingin tambah.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/07/091000027/blusukan-di-pasar-gede-solo-nikmati-kesegaran-es-dawet-telasih

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke