Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2020, Bandara Narita Akan Operasikan Kamera Pengenal Wajah

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator Bandara Internasional Narita, Jepang, akan memperkenalkan sistem teknologi pengenalan wajah untuk check in penumpang pesawat.

Pemberlakuan teknologi ini memungkinkan penumpang pesawat untuk tidak perlu melalui tahap pemeriksaan di loket imigrasi dan check in boarding pass akhir. Rencananya sistem teknologi ini akan dilaksanakan musim semi 2020.

Proses dimulai dengan penumpang terlebih dahulu mengambil foto wajah mereka di kios check-in mandiri. Penumpang juga diminta untuk memasukkan paspor dan informasi sesuai boarding pass pesawat.

Kamera berkinerja tinggi akan dipasang di loket pengantaran bagasi, area inspeksi keselamatan, dan gerbang keberangkatan akan melacak para penumpang.

Kamera berkinerja tinggi tersebut akan terhubung dengan mesin yang menyesuaikan identitas penumpang terhadap foto-foto yang masuk saat mereka melewati proses sampai naik ke pesawat.

Namun perlu dicatat, meski tidak lagi melewati pemeriksaan imigrasi untuk check in pesawat, paspor dan tiket pesawat masih tetap dibutuhkan di kapabeanan (costum declaration).

Narita akan menjadi bandara pertama di Jepang yang mengadopsi sistem canggih ini. Maskapai Japan Airlines dan All Nippon Airways direncanakan akan menjadi maskapai uji coba pertama, ketika sukses, konsep ini akan dilakukan bertahap ke maskapai lainnya.

Operator Bandara Internasional Narita berharap melalui sistem ini, dapat meningkatkan kenyamanan bagi penumpang jelang Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 dan Paralimpiade.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/10/180800327/2020-bandara-narita-akan-operasikan-kamera-pengenal-wajah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke