Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pilihan Wisata di Turki, Memasak Makanan ala Dinasti Utsmaniyah

Tepatnya empat restoran yang menyajikan dan beberapa di antaranya menawarkan kelas nemasak makanan ala Dinasti Utsmaniyah. Salah satunya Deraliye di daerah Sultanahmet, Istanbul.

"Makanan istana Ottoman dan makanan Turki berbeda. Tingkat kesulitan makanan istana Ottoman jauh lebih sulit dan rumit," jelas koki Deraliye, Dejati dalam acara Zaloramadhan Discoveries bersama Zalora Indonesia dan Klook Travel Indonesia, di Istanbul, Rabu (13/3/2019).

Dejati menjelaskan makanan istana Ottoman ini sangat sulit, karena mereka menggunakan bahan dari segala penjuru negeri. Sedangkan makanan Turki atau di dapur rakyat biasa, bahan makanan yang digunakan adalah hasil panen setempat. 

Alhasil kreativitas, teknik, dan pengetahuan akan bahan masakan koki sangat dibutuhkan untuk mengolah makanan istana Utsmaniyah.

Kelas Memasak

Seperti saat kelas memasak di Deraliye, Dejati mengajarkan memasak tiga makanan istana Ottoman mulai dari pembuka, inti, dan penutup.

Makanan pembuka yang dimasak adalah terong panggang isi sayuran tumis bernama imam bayildi.

"Terong adalah sayuran penting dalam makanan Turki. Semua dapur biasa memiliki terong," kata Dejati.

Selanjutnya ada queen stuff atau daging kambing tumis dengan aneka rempah dan herba. Sekilas rasanya sangat mirip dengan daging tumis dari Indonesia lantaran atau penggunaaan grape molasses yang rasanya sangat mirip kecap manis.

Jika diperhatikan, makanan istana Utsmaniyah selain memiliki bahanyang beragam juga dihidangkan dengan cantik. Memuaskan semua indera yang menyantap, mulai dari penglihatan sampai pengecap.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/14/210900427/pilihan-wisata-di-turki-memasak-makanan-ala-dinasti-utsmaniyah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke