Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tempat Unik di Australia, Ada Kota Bawah Tanah sampai Ibukota UFO!

Berikut ini adalah 4 tempat unik yang bisa ditemukan di Australia.

1. Kota Hantu Gwalia, Australia Barat

Gwalia diyakini merupakan tambang emas terdalam di Australia. Dahulu, populasi di kota ini mencapai 1.100 jiwa. Masa kejayaan Gwalia mulai pudar karena kebakaran tambang di tahun 1920-an. Sejak kebakaran itu, Gwalia tidak pernah sepenuhnya pulih kembali.

Tepatnya tahun 1960, tambang ditutup total. Penduduk pun ramai-ramai meninggalkan Gwalia. Kini peradaban masyarakat saat itu masih tersisa. Rumah kosong dan mobil yang berkarat seolah memunculkan perasaan ditinggalkan yang cukup menyeramkan.

2 Kota Bawah Tanah Coober Pedy, Australia Selatan

Kemudian penambangan opal dimulai di sana. Penambang pun membangun ruang istirahat di bawah tanah karena siang hari yang sangat panas. Hingga kini pun penambangan opal masih dilakukan di sini dan menjadi salah satu tambang opal di dunia.

Akan tetapi sekarang Coober Pedy sangat bergantung pada sektor pariwisata. Ada beberapa tempat unik yang bisa dikunjungi wisatawan di sana seperti tambang, kuburan, dan gereja bawah tanah. Wisatawan juga bisa menginap di penginapan bawah tanah.

3 Kerajaan Hutt River, Australia Barat

Wilayah ini didirikan oleh Pangeran Leonard, seorang petani nyentrik yang sempat berseteru dengan pemerintah Australia Barat mengenai masalah kouta gandum pada tahun 1970-an.

Meski mengklaim diri sebagai kerajaan, wilayah ini tidak diakui sebagai negara merdeka. Kini Ibukota Nain memiliki bangunan kantor pos, ruang the dan kapel non-denominasi unik yang menarik kujungan wisatawan.

4 Ibukota UFO, Wycliffe Well, Northern Territority

Untuk semakin menguatkan status sebagai Ibukota UFO kini patung-patung alien banyak dibangun di sini. Berada di Wycliffe Well seolah berada di planet asing dengan alien-aliennya. Tempat ini pun menjadi tujuan wisata karena keunikan yang dimiliki.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/15/141100027/4-tempat-unik-di-australia-ada-kota-bawah-tanah-sampai-ibukota-ufo-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke