Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Liburan Bukan Menyegarkan, tapi Justru Melelahkan? Ini Sebabnya...

KOMPAS.com – Pergi berlibur setelah melakukan rutinitas sehari-hari yang menguras energi dan pikiran tentu menjadi hal yang umum dilakukan banyak orang. Harapannya, dengan berlibur, pikiran dan tenaga dapat beristirahat sejenak sehingga setelah kembali dari liburan kita kembali siap menjalankan rutinitas.

Mungkin Anda akan berfikir merencanakan liburan beberapa hari di pantai atau di daerah pegunungan dengan harapan dapat menikmati pemandangan indah dan menghirup udara yang segar.

Namun, pernahkan Anda justru merasa sangat lelah setelah menjalani liburan? Alhasil bukannya menyegarkan, namun liburan tersebut justru membuat Anda kembali merasa lelah dan butuh lebih banyak waktu istirahat.

dr Bono, seorang dosen ilmu psikologi dan otak di Universitas Washington di St. Louis memberi alasan yang logis yang dapat menjelaskan mengapa hal ini terjadi.

"Ketika Anda memiliki rutinitas, ada lebih sedikit energi mental yang harus digunakan untuk mencari tahu apa yang harus kita lakukan. Itu bagian dari alasan mengapa liburan bisa sangat melelahkan. Anda harus mencari tahu, oke, ‘di mana kita memarkir mobil? Di mana kita mendapatkan kopi kita? Jika kita ingin sesuatu untuk dimakan, ke mana kita pergi? Apa saja pilihan untuk apa yang akan kita lakukan hari ini? ’Semua itu adalah hal-hal yang tidak perlu Anda pikirkan dalam kehidupan sehari-hari Anda dan memerlukan energi lebih untuk memecahkannya," jelas Bono.

Menurut Bono, manusia lebih mudah melakukan hal-hal yang berulang. Sehingga membuat keputusan-keputusan kecil saja di luar kebiasaannya dapat menguras banyak energi kognitif.

Menurutnya, banyaknya energi kognitif inilah yang akhirnya dapat membuat Anda merasa kelelahan pasca-perjalanan.

Lalu bagaimana cara agar liburan benar-benar membuat Anda segar dan dapat membuat Anda kembali bersemangat menjalankan rutinitas?

Menurut Bono, tak semua waktu liburan harus kita habiskan di luar rumah.

“Sisakan waktu jeda antara liburan dan kerja untuk berada di rumah dan beristirahat total agar tenaga Anda pulih dan dapat kembali beraktivitas,” lanjutnya.

Dengan pengelolaan waktu liburan ini, maka perjalanan Anda tak akan mengganggu persediaan tenaga Anda untuk kembali bekerja.

https://travel.kompas.com/read/2019/03/25/171200927/liburan-bukan-menyegarkan-tapi-justru-melelahkan-ini-sebabnya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke